Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Kambera Berbasis Android

  • Angalica Lidia Rambu Nipa Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Fajar Hariadi Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Raynesta M. I. Malo Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Bahasa Kambera adalah salah satu bahasa daerah yang perlu dilestarikan di Indonesia. Upaya pelestarian bahasa daerah perlu dimulai dari anak-anak sekolah dasar. Namun, anak-anak yang bersekolah di kota jarang menggunakan bahasa daerah dan cenderung menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian mereka. Alternatif yang baik bagi anak-anak untuk belajar mengenal bahasa daerah yaitu dengan membuat sebuah game edukasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan game edukasi pengenalan nama hewan dalam bahasa Kambera berbasis Android. Software yang digunakan dalam pembuatan game adalah Unity dengan bahasa pemrograman C#. Metode pengembangan game yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall meliputi 5 tahap yaitu analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Berdasarkan hasil pengujian black box game edukasi dapat dijalankan sesuai yang diharapkan dan hasil pengujian pre-test dan post-test terhadap siswa diperoleh nilai pre-test 62 dan nilai post-test  91,5 dengan persentase kenaikan nilai siswa 47,6%. Untuk menguji kelayakan game ini digunakan metode System Usability Scale (SUS) dan memperoleh skor 83 dengan adjective ratings mendapat nilai excellent dan grade scale masuk dalam kategori B.

Published
2023-05-13
How to Cite
NIPA, Angalica Lidia Rambu; HARIADI, Fajar; MALO, Raynesta M. I.. Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Kambera Berbasis Android. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA INOVATIF WIRA WACANA, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 142-151, may 2023. ISSN 2962-5998. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/inovatif/article/view/324>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.58300/inovatif-wira-wacana.v1i3.324.
Section
Articles