IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJADWALAN IBADAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: GKS JEMAAT PADADITA)

  • Andi Alex Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba.
  • Arini Aha Pekuwali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Pingky Alfa Ray Leo Lede Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi, hal ini menjadi suatu kesempatan yang baik dalam memaksimalkan kinerja dalam suatu lembaga, seperti halnya gereja merupakan salah satu lembaga yang membutuhkan sistem informasi dalam memaksimalkan pelayanan kepada jemaat. GKS Padadita saat ini mengelola jadwal ibadah dan keuangan yang dikelola oleh sekretaris dan bendahara. Jadwal ibadah yang dikelola oleh sekretaris masih diketik di MS. Word dan dicetak sehingga memakan waktu yang lama, sedangkan pengelolaan data keuangan gereja yang dikelola oleh bendahara masih menggunakan sistem perhitungan dengan kalkulator dan MS. Excel sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam perhitungan dan juga isi data-data keuangan tidak teratur dan tidak terperinci. Dalam proses pengelolaan jadwal dan keuangan masih belum maksimal, oleh karena itu GKS jemaat Padadita perlu dibuatkan sistem informasi pengelolaan yang dapat mengelola jadwal ibadah dan keuangan gereja. Adapun tujuan dari penelitian ini, membuat sistem informasi penjadwalan ibadah dan pengelolaan keuangan berbasis website untuk membantu mejelis jemaat dalam mengelola data jemaat, dan membuat jadwal ibadah serta menghitung pemasukan dan pengeluaran gereja. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) untuk membuat sebuah sistem informasi pengelolaan jadwal ibadah dan keuangan pada GKS Jemaat Padadita yang dapat membantu mejelis jemaat dalam melakukan proses pengelolaan jadwal ibadah dan pengelolaan keuangan. Sistem informasi penjadwalan ibadah dan pengelolaan keuangan di GKS Padadita berbasis website telah selesai dibuat dan telah diuji menggunakan black box testing. Ada 10 poin pengujian dan hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem telah berhasil menjalankan fungsinya dengan baik yaitu nilai keberhasilan 100 %.

Published
2023-05-16
How to Cite
ALEX, Andi; PEKUWALI, Arini Aha; LEDE, Pingky Alfa Ray Leo. IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJADWALAN IBADAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: GKS JEMAAT PADADITA). JURNAL TEKNIK INFORMATIKA INOVATIF WIRA WACANA, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 177-186, may 2023. ISSN 2962-5998. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/inovatif/article/view/332>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.58300/inovatif-wira-wacana.v1i3.332.
Section
Articles