APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN LAUT BERBASIS ANDROID

  • Kristiani Hana Danggar Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan manusia dalam memaksimalkan kreativitas di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan yang merupakan salah satu sektor penting. TK Lataluri merupakan sekolah yang berada di kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Dalam proses pembelajaran pengenalan nama hewan laut pada anak TK Lataluri masih diajarkan dengan teknik tradisonal menggunakan buku dengan cara guru menyebutkan, kemudian menuliskan di papan tulislalu siswa mengeja apa yang ditulis oleh guru. Oleh sebabitu, TK Lataluri perlu mendapatkan media pembelajaran seperti menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran baru. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah membuat game edukasi pengenalan hewan laut yang didalamnya terdapat materi pengenalan hewan laut yang mudah untuk dikenal oleh anak usia dini dan penelitian ini menggunakan metode waterfall. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan hewan laut dapat digunakan pada TK Lataluri. Diharapkan, dengan adanya media pembelajaran ini, dapat membantu anak-anak dalam belajar dan meningkatkan daya ingat atau imajinasi anak dalam pengetahuan tentang hewan-hewan laut, dan juga para guru dapat menjalin komunikasi lebih baik lagi dengan peserta didik yang ada di TK Lataluri.

References

Rahmat Fitra, Drs.M. Nasrul Kamala,sn & Drs.Ariusmedi, Msn (2014)“Perancangan Media Interaktif Mengenal Nama-Nama Hewan dan Tumbuhan untuk Anak Usia Dini.
R.,R. (2013), Game Development Life Cysle.Game Development Life Cysle

Sigit Priyanto, Prayoga Pribadi, & Aulia Hamdi (2014), Game Edukasi “Matching Three” Untuk Anak Usia Dini.

Ridwan Arif Rahman & Dewi Tresnawati (2016) Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.

Ujang Nedra Pratama & Haryanto (2017), Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan.

Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal PendidikanMatematika,8(2),177–186
https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Published
2023-02-25
How to Cite
DANGGAR, Kristiani Hana; TALAKUA, Alfrian Carmen. APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN LAUT BERBASIS ANDROID. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 19-28, feb. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/363>. Date accessed: 13 june 2024.
Section
Articles