PERANCANGAN GAME EDUKASI WORD SEARCH PUZZLE BERBASIS ANDROID

  • Christine Irene Lay Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Game Word Search Puzzle merupakan salah satu permainan teka-teki berbasis puzzle untuk mencari kata yang disusun dalam bentuk array dua dimensi. Penyelesaian dari game ini adalah menemukan semua kata yang tersembunyi di papan permainan yang berbentuk matriks. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana sistem dapat menemukan semua kata yang tersembunyi di dalam puzzle yang telah tersusun secara random baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal atau sebaliknya.  Penelitian ini membahas tentang pembuatan sebuah game bernama Word Search Puzzle mengunakan Algoritma Linear Congruent Method (LCM) berbasis android dengan software Unity. Algoritma Linear Congruent Method (LCM) tersebut merupakan metode pembakitan bilangan acak yang banyak digunakan dalam program komputer. Algoritma ini secara sistematis mencari solusi persoalan di antara semua kemungkinan solusi yang ada. Aplikasi yang dibangun bertujuan untuk mengotomasi pencarian kata dalam word search puzzle, sehingga pemain dapat segera mengetahui letak kata-kata yang dicari. Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang dibangun adalah bahwa implementasi Algoritma Linear Congruent Method (LCM) dapat memberikan penyelesaian word search puzzle secara memuaskan.

References

Hermawaty, D., Krisdiawan, R. A., & Nurhayati, Y. (2019). GAME EDUKASI WORD SEARCH PUZZLE NAMA ANAK HEWAN DALAM BAHASA SUNDA MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) DAN ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT (KMP) (Studi Kasus : SDN Pajawanlor). Nuansa Informatika, 13(2), 24. https://doi.org/10.25134/nuansa.v13i2.1946

Purnomo, A. J., & Hermawan, G. (2016). Implementasi Algoritma Simplified Memory Bounded a* Untuk Pencarian Kata Pada Permainan Word Search Puzzle. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.34010/komputa.v5i1.2432

Sholeh, M., Fakiah, E., & Adi P, G. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Permainan Adu Cepat Membaca Menggunakan Permainan Multiplayer Word Search Puzzle. 123–135.

Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352

Syiamtoni, E. P., Fitri, I., & Ningsih, S. (2020). Perancangan Aplikasi Game IQ Test Dengan Mengimplementasikan Linear Congruent Method (LCM). INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 328–335. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1842

Tinggi, S., Informatika, M., & Teknik, D. A. N. (2014). GAME EDUKASI PUZZLE DEWA DEWI HINDU DAN TOKOH.

Widya. (2019). Perancangan Aplikasi Permainan Ular Tangga Berbasis Multimedia Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Dan Algoritma Fisher Yates. Majalah Ilmiah INTI, 6(2), 284–287.
Published
2023-02-25
How to Cite
LAY, Christine Irene; TALAKUA, Alfrian Carmen. PERANCANGAN GAME EDUKASI WORD SEARCH PUZZLE BERBASIS ANDROID. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 106-117, feb. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/364>. Date accessed: 13 june 2024.
Section
Articles