PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

  • Ronny Praing Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Dalam bidang pendidikan, pembelajaran selalu mengikuti perkembangan zaman, dengan tidak meninggalkan adat dan budaya yang sudah mengakar di masyarakat. Hal ini juga dialami oleh SD Inpres Umamapu yang merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang berada pada daerah Sumba Timur provinsi NTT. Selama ini proses pembelajaran di SD Inpres Umamapu jarang menggunakan media pembelajaran di kelas dan cenderung menggunakan media lama seperti papan tulis, media buku, dan metode ceramah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan fasilitas dalam menunjang pengajaran. Oleh sebab itu peserta didik perlu mendapatkan dorongan untuk menggunakan media pembelajaran lain seperti pembelajaran yang memanfaatkan multimedia salah satunya adalah game edukasi Tujuan penelitian ini adalah membangun game edukasi ular tangga yang mana setiap kotak akan berisi soal yang disesuaikan dengan mata pelajaran IPS pada kelas IV di SD Inpres Umamapu, dengan menggunakan metode waterfall yang merupakan model pengembangan sistem yang sistematis dan berurutan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan edukatif ular tangga dapat digunakan pada sekolah dasar terutama kelas IV SD Inpres Umamapu. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan ular tangga sebagai sarana pembelajaran di sekolah dasar dapat memotivasi belajar siswa khususnya kelas IV SD Inpres Umamapu.

References

Abubakar, J. A., Mutalib, A. A., Permadi, D. Design and Development of Curious
Jojo© A Go-Green 3D Game on Android. Dalam
http://iaesjournal.com/online/index.php/TELKOMNIKA/article/viewFile/265 7/pdf. Diakses 29 April 2015.
Andriasnyah. 2013. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM). Dalam http://www.pelita- informatika.com/berkas/jurnal/15.%20Andriansyah.pdf. Diakses 10 Maret 2015.
Dharwiyanti, Sri 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). Dalam http://setia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/6039/MateriSuplemenUml. pdf. Diakses 8 Mei 2015.
Enka, Muhammad. 2010. Game Sebagai Sarana Edukasi. Dalam http://www.scribd.com/doc/40624797/Game-Sebagai-Sarana-Edukasi#scribd. Diakses 1 Mei 2015.
Muhsan. 2015. Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android. Skripsi
: Undiksha.
Pujiadi. 2013. Pengembangan Game Edukasi Untuk Media Bantu Pembelajaran Drill
And Practice Sebagai Persiapan Siswa Menghadapi Ujian Nasional
Matematika SMA. Dalam https://pujiadilpmpjateng.wordpress.com/ 2013/02/27/artikel-game-edukasi/. Diakses 1 Mei 2015.
Tjahyadi, dkk. 2014. “ Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan
Engine Unity 3D”. Dalam
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/ 6990. Diakses 8 Mei 2015.
Wija, Antara I. G. 2014. Pengembangan Game Jegog berbasis Android.
Dalam http://pti.undiksha.ac.id/karmapati/publikasi/. Diakses 12 Maret 2015.
Wulandari, Agustina Dwi. 2012. Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker XP sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang. Dalam http://eprints.uny.ac.id/7549/. Diakses 8 Mei 2015.
Published
2023-02-25
How to Cite
PRAING, Ronny; TALAKUA, Alfrian Carmen. PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 65-78, feb. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/365>. Date accessed: 24 sep. 2023.
Section
Articles