SISTEM INFORMASI PROFIL KELOMPOK TENUN LURI WANGGU BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

  • Resin Rambu Anandiha Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Arini Aha Pekuwali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Raynesta Mikaela Indri Malo Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan wawancara secara langsung adapun permasalahan yang dihadapi oleh tenun ikat luri wanggu yaitu salah satunya adalah tidak seimbangnya penawaran pada kain tenun di karenakan kurangnya promosi dan cara menjualnya di titipkan di kios atau di toko kurangnya promosi mengakibatkan kurangnya informasi kepada masyarakat tentang kain tenun ini, setiap pendapatan atau pemasukan harga paling tinggi sekitar Rp 2.500.000 sampai dengan Rp 5.000.000. Namun dengan adanya covid-19 dan kurangnya promosi mengakibatkan kurangnya pendapatan pada rumah tenun ikat dan jumlah seluruh anggota kelompok luri wanggu sebanyak 10 orang. Dimasa pandemi covid-19 saat ini harga tenun yang di jual sering di tawar dengan harga murah oleh pembeli dikarenakan kebanyakan pembelli menawar harga kain karena mereka tidak tau bahwa kain tenun yang di jual ini merupakan kain tenun asli kabuapaten sumba timur yang dibuat dari pewarna asli atau yang biasa disebut pewarna alami harga dan pembeli kain yang menurun mengakibatkan kurangnya  pendapatkan pada tenun ikat .Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi profil kelompok tenun luri wanggu berbasis web menggunakan metode waterfall. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang dan membangun sistem informasi agar mempermudah dalam meningkatkan penjualan kain tenun.


 

References

Abdulloh, R. (2022). 7 Materi Pemrograman Web UntukPemula 1: HTML,CSS, & MariaDB. Penerbit PT Elex, Anggota IKAPI.
Albab, M. U. (2020). Best Practice Linux Server Administrator. CV. XP Solution.
Hutahaean, J. (2014). SistemInformasi. Penerbit Publisher.
Habibi, R., & Sandi, K. (2020). Aplikasi Bank Sampah Istimewa Menggunakan Framework Codeigniter Dan Dbms Mysql. Kreatif Industri Nusantara.
Indriati, E. (2019). Tenun Sumba: Membentang Benang Kehidupan. PT Gramamedia Pustaka Utama.
Pane, S. F., Zamzam, M., & Fadillah M. D. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Kreatif Industri Nusantara.
Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktis. Andi.
Published
2023-04-26
How to Cite
ANANDIHA, Resin Rambu; PEKUWALI, Arini Aha; MALO, Raynesta Mikaela Indri. SISTEM INFORMASI PROFIL KELOMPOK TENUN LURI WANGGU BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 281 - 288, apr. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/376>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles