SISTEM INFORMASI PROMOSI KAIN TENUN IKAT BERBASIS WEBSITE PADA KELOMPOK TENUN MBUHANG PAHAMU
Abstract
Indonesia adalah salah satu Negara yang menghasilkan seni tenun yang terbesar terutama dalam hal keanekaragaman hiasannya. Mbuhang Pahamu adalah Salah satu kelompok tenun ikat yang berada di Kabupaten Sumba Timur yang terletak di wilayah Kelurahan Prailiu Jln.Hayam Wuruk,Kalu RT 15,RW 05.Kelompok tenun ikat Mbuhang Pahamu didirikan pada tahun 2019 oleh Bapak Lulu Talumeha dan memiliki anggota kelompok sebanyak 10 orang. Tenun Ikat Sumba Timur memiliki keanekaragaman motif karena setiap pulau memiliki motif yang unik, maka banyak ragam pola tenun ikat di Sumba Timur. Salah satu daerah yang kini memproduksi dan memasarkan kain tenun ikat Sumba Timur adalah Kampung Kalu Kecamatan Kambera. Kain tenun ikat digunakan untuk membuat pakaian adat baik laki-laki maupun perempuan, termasuk selendang dan pakaian laki-laki yang berbentuk segi empat yang disebut Hinggi dan Lawu atau sarungDalam membangun sistem promosi tenun pada kelompok tenun mbuhang pahamu berbasis web model waterfall yang dimana merujuk pada semua tahapan waterfall berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu peneliti juga menggunakan XAMPP sebagai server sementara dan Content Management System (CMS) menggunakan joomla untuk membangun sistem website, hasilnya website bisa dibangun dengan lebih mudah efektif dan efisien.Dalam pembuatan sistem ini dilakukan tahap pengujian sistem dengan metode black box untuk mengetahui fungsional sistem. Pengujian ini dilakukan terhadap menu-menu yang ada pada sistem.
Kata kunci: Sistem Informasi, Promosi, Waterfall, Website, System Develpment Life Cycle (SDLC)
References
Hoely, Y. E. L. (2017). Penerapan E-Commerce Penjualan Kain Tenun Berbasis Android Menhya Snae 2. Jurnal Teknologi Terpadu, 3(1).
Iqbal S.kom. (2016). Rekayasa Content Management System (Cms) Joomla Berbasis Open Source Untuk Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Online Iqbal,S.Kom Pra S2 Magister Ilmu Komputer. Jurnal Informatika, 3(1), 297–303.
Magdalena Mamulak, N. R. (2018). Kesiapan Usaha Mikro Kecil Menengah Tenun Ikat dalam Pemanfaatan Inovasi Teknologi E-Commerce di Kota Kupang Small Micro Business Readiness in Utilizing E-Commerce Technology in Kupang City: Vol. V. http://www.jurnalinovkebijakan.com/
Tey Seran, K. J. (2021). Pengembangan Media Promosi Potensi Desa Oepuah Dengan Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Information and Technology, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.32938/jitu.v1i1.1373
Whitney G.G., F. D. R., Yüksel Bozkurt, A. E., & Whitney G.G., F. D. R. (2019). Sejarah Kain di Indonesia. Ph.D. Thesis, Central-South University of Technology, China, 76(3), 61–64.
Zakaria, N., & Annisa, F. (2020). Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI. Generation Journal, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13779

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.