PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA JEMAAT DAN PENGUMUMAN KEGIATAN GEREJA KRISTEN SUMBA JEMAAT KAPUNDUK

  • Deviyana Tatu Wadang Program Studi Teknik Informatika
  • Arini Aha Pekuwali Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,
  • Dessy Asnath Sitaniapessy Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,

Abstract

Gereja Kristen Sumba (GKS) Jemaat Kapunduk memiliki beberapa informasi gereja yaitu data jemaat, majelis wilayah, pendeta, baptis, sidi, jadwal kebaktian Pemahaman Alkitab, dan perjamuan kudus. Proses pengolahan data dan pendistribusian informasi kegiatan pada GKS Jemaat Kapunduk yang berjalan saat ini belum maksimal. Sistem pendataan jemaat saat ini masih dituliskan dalam buku besar gereja, sehingga rentan terjadinya kehilangan, kerusakan atau kesalahan dalam penulisan. Penyampaian informasi kegiatan gereja juga masih menggunakan buku warta jemaat yang dibacakan sebelum kebaktian Minggu berlangsung. Informasi yang didapat hanya pada saat ibadah hari Minggu, sehingga jemaat yang tidak hadir pada ibadah Minggu sulit untuk mengetahui informasi yang disampaikan. Maka dilakukan perancangan sistem informasi pengolahan data dan menghubungkan dengan SMS Gateway untuk menyampaikan jadwal ibadah pemahaman Alkitab, dan ibadah perjamuan kudus. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall dan Gammu sebagai module SMS Gateway untuk mengirimkan pesan SMS kepada seluruh jemaat. Hasil dari penelitian ini telah merancang sistem informasi yang dapat membantu mengelola data gereja dan memberikan informasi jadwal ibadah kepada seluruh jemaat melalui SMS.

References

Aminudin. (2014). Program Absensi Siswa Realtime Dengan PHP dan SMS Gateway. Yogyakarta: Lokomedia.
Lamalewa, L., & Darsono, T. A. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Data Jemaat Berbasis Web Pada Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Wilayah Merauke. Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha, 7(1), 2089-6697.
Laraswati, D., & Syam E. (2019). Implementasi Sms Gateway Sebagai Sistem Informasi Keuangan Siswa (Studi Kasus: SMP Negeri 6 Singingi Hilir). Jurnal Teknologi dan Open Source, 2 (1), 2655-7592.
Marco, K.Y. A., Lumenta,Yaulie D. Y., & Rindengan. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Warta Jemaat Berbasis SMS Gateway. Jurnal Teknik Informatika, 13(2), 2301–8364.
Rahmawati. (2017). CodeIgniter Web Framework. Rahmawati.
Rossa, A. S., & Muhammad, S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
S. Pressman, Roger. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.
Sihotang, F. P., & Jumeilah, F. S. (2017). Pengembangan SMS Gateway Layanan Informasi Akademik di STMIK GI MDP. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 1(1).
Sukrianto, D., Agustina, S. (2018). Pemanfaatan SMS Gateway Pada Sistem Informasi Absensi Siswa di SMAN 12 Pekanbaru Berbasis Web. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 2549-0222 .
Supono & Putratama, V. (2016). Pemrograman Web dengan menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: Deepublish.
Published
2023-02-25
How to Cite
WADANG, Deviyana Tatu; PEKUWALI, Arini Aha; SITANIAPESSY, Dessy Asnath. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA JEMAAT DAN PENGUMUMAN KEGIATAN GEREJA KRISTEN SUMBA JEMAAT KAPUNDUK. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 118-131, feb. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/384>. Date accessed: 12 july 2024.
Section
Articles