SISTEM INFORMASI PROMOSI KELOMPOK TENUN IKAT KAMELI MONUNG

  • Ferania Lata Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia
  • Rambu Yetti Kalaway Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia

Abstract

Promosi adalah arus informasi satu arah yang bertujuan mengarahkan individu atau organisasi untuk melakukan tindakan yang menciptakan komunikasi dalam pemasaran.Tenun merupakan suatu aspek kebudayaan yang masih berpengaruh di daerah Sumba Timur. Untuk para seniwati, seni tenun itu suatu factor pengembangan daya kreasi mereka, lebih motif dan ragam geometris senin tenun disorot dari segi sejarah, dari segi bentuk dan isinya. Kelompok Kameli Monung merupakan salah satu kelompok yang tenun ikat yang terletak di terletak di Kecamatan Pandawai, kelurahan Kawangu, RT.012/RW.004. Promosi merupakan salah satu alat yang dapat mengkomunikasikan suatu produk agar dikenal oleh masyarakat umum. Dalam penggunaan media online (facebook dan whatsapp) yang dimanfaatkan sebagai media promosi untuk mempromosikan tenun ikat tetapi masih dianggap kurang efektif  karena informasi yamg terkadang kurang karena keterbatasan dari media sosial tersebut. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi promosi pada kelompok tenun menggunakan metode waterfall untuk merancang pemodelan dari sebuah sistem informasi promosi.sistem informasi menggunakan model UML(Unified Modeling Language). Sistem informasi Promosi Kelompok tenun ini berbasis website yang dapat membantu kelompok tenun ikat kameli Monung dalam mempromosikan kain tenun.

References

Anjelita, P., & Rosiska, E. (2019). E- Learning Pada Smk Negeri 3 Batam. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/1572

Gusrizaldi, R. & Komalsari, K. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Junal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 10(4).

Hasugin, S. P. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3 (1), 2.

Murahartawaty & Mahendratta B. (2014). Implementasi Web Portal Pariwisata Indonesia Menggunakan Joomla Berbasis Content management System (CMS). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 1(1), 3.

Prasetyo E. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmanyah kabupaten Musi Banyuasin Berbasis Website. Jurnal Informatika, 1(2), 21.

Prassman, R. S. (2012). Rekaya Perangkat Lunak. Andi.

Sialaga n P. F. T & Wisnu D. (2020). Rancang Bangun Sistem Pengidentifikasi Travel Bag Pada Kelompok Biro Perjalanan Umroh/Haji Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi dan komunikasi, 15(1), 4.
Published
2023-05-12
How to Cite
LATA, Ferania; KALAWAY, Rambu Yetti. SISTEM INFORMASI PROMOSI KELOMPOK TENUN IKAT KAMELI MONUNG. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 414 - 424, may 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/404>. Date accessed: 24 july 2024.
Section
Articles