SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT HERNIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB

  • Imelda Konga Walarita Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Arini Aha Pekuwali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Pingky Alfa Ray Leo Lede Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting dan mahal bagi manusia, kesadaran akan pola hidup sehat masih sering terabaikan. Saat ini masih banyak masyarakat tidak sadar pada gejala-gejala penyakit yang dialaminya sehingga sering kali dianggap remeh dan menilai bahwa gejala penyakit tersebut tidak fatal, maka dengan adanya kondisi seperti ini peneliti akan mengulas ulang tentang penyakit hernia agar dapat lebih mengenal penyakit tersebut. Hernia ini dapat menyerang semua usia, baik orang tua ataupun anak-anak, kemampuan dalam melakukan analisa yang tepat dan akurat adalah hal yang sangat penting untuk diperlukan dalam melakukan diagnosa penyakit pada manusia atau dapat mencegah resiko kesalahan dalam proses diagnosa. Sistem pakar adalah suatu sistem yang dirancang untuk menirukan keahlian seseorang dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit hernia pada manusia dengan menggunakan metode forward chaining berbasis web yang dapat membantu melakukan diagnosa dini pada penyakit hernia serta memberikan saran penanganan sementara.

References

Anardani, S. (2019, Oktober). Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Pemodelan UML . UNIPMA Press
Cahyadi. (2016). Sistem Pkar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hernia Pada Anak Dengan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Berbasis Web. Program Studi Teknik Informatika, STMK Widya Cipta Dharma .
Dempster-Shafer, S. P. (2017). Yessy Yanitasari. SISFO Vol 06 No 03 6, 2017 .
Fuadillah. (Vol 17, NO 3 (2017)). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hernia Nukleus Pulposus Menggunakan Forward Chaining Berbasis Web. Jurnal Kajian Ilmiah.
Yanuardi, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Yanuardi, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Diagnosa Penyakit Umum Berbasis Android Pada Klinik Citra Raya Medika. JIKA (Jurnal Informatika), 3(1), 9–17. https://doi.org/10.31000/jika.v3i1.2035Diagnosa Penyakit Umum Berbasis Andro. JIKA (Jurnal Informatika), 3(1), 9–17.
Yanitasari, Y. (2017). Sistem Pakar Untuk Menentukan Penyakit Hernia Dengan Menggunakan Metode Dempster-Shafer. Jurnal Of Information Systems .
Zufri, A. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hernia Pada Pria Dengan Metode Certainly Factor. Universitas Potensi Utama
Published
2023-04-26
How to Cite
WALARITA, Imelda Konga; PEKUWALI, Arini Aha; LEDE, Pingky Alfa Ray Leo. SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT HERNIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 342 - 353, apr. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/409>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles