PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Pengenalan huruf di TK Negeri Pembina Wangga. Masih dilakukan dengan cara konvensional melalui buku atau cara guru menyebutkan, kemudian menulis di papan tulis kemudian siswa mengikuti apa yang telah ditulis guru di buku catatan masing-masing. Banyak anak yang merasa kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran ini karena pada usia dini anak lebih suka bermain dari pada belajar, meskipun guru memiliki pendekatan pembelajaran sambil bermain namun masih kurang untuk anak usia dini, sehingga diperlukan sarana pembelajaran lainnya. . sehingga dapat membantu guru dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini akan merancang sebuah game edukasi pengenalan huruf, dengan harapan anak dapat menggunakan game tersebut dan menambah pengetahuan, serta mengubah pola pembelajaran agar tidak bingung, dan tidak bosan. Game edukasi ini menggunakan metode MDLC (Multi Media Development Life Cycle) untuk mengembangkan metode multimedia yang cocok untuk merancang dan mengembangkan aplikasi multimedia yang merupakan gabungan dari multimedia gambar, suara dan animasi.
References
Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(2), 119-124-ISSN: 2460-0741.
Epritha, K. (2018). Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk mengembangkan kemampuan Berbicara anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri.Jurnal Program Studi PGRA, Vol.4, No.1, Januari 2018.
Erianto, E., Hadikrisanto, W., & Suherman, S. (2022). Game Edukasi Pengenalan Huruf Alfabet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.Universitas Pelita Bangsa. Jurnal Ilmiah Intech: Information Technology Journal of UMUS, 4(02), 200-206.
Febriansyah, F.,(2021). Pengenalan Teknologi Android Game Edukasi Belajar Aksara Sunda untuk Meningkatkan Pengetahuan. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 336.
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 225-230.
Kurniawan, Yogiek Indra, Dhenok Prastyaningtyas Paramesvari, and Widhiatmoko Herry Purnomo. "Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Penelitian Inovatif 1.1 (2021): 57-66.
Nurcholis, R., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Anwar, S. (2021). Game Edukasi Pengenalan Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jepang. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 338-345.
Nurdiana, D., Rahadian, D., & Suryadi, A. (2017). Game Edukasi Pengenalan Nama Buah Dan Sayuran Dalam Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran (Vol. 2,1).
Maharani, Yeny Kartika. Pengembangan Media Hikori Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Bilangan Sederhana 1-10. Diss. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2022.
Rahim, D. F. (2005). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Askara
Sakkinah, I., Mushawwir, M., Wardani, N., & Prasetya, D. (2016). Adventure Alphabet Game: Game Pengenalan Huruf. Prosiding SENTIA–Politeknik Negeri Malang. Volume 8–ISSN: 2085-2347.
Sholeh, Muhammad, and Erfanti Fatkhiyah. "Development of Augmented Reality-Based Animal Recognition Application Using Unity”. Proceeding of International Conference in Education, Science and Technology. 2021.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.