SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMP NEGERI 2 WULLA WAIJELU KECAMATAN WULLA WAIJELU

  • Oktavianus Hina Ndakuwongu Teknik informatika fakultas sains dan teknologi universitas kristen wira wacana sumba
  • Yustina Rada Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Dessy Asnath Sitaniapessy Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Sistem informasi penerimaan siswa baru di SMP Negeri 2 Wulla Waijelu dalam melakukan kegiatan pendaftaran masih menggunakan sistem manual atau belum terkomputerisasi yaitu pencatatan masih menggunakan pencatatan buku besar sehingga banyak kendala yang dirasakan oleh petugas yaitu terjadi kesalahan pencatatan. Pengisian formulir pendaftaran penerimaan siswa baru yang masih menggunakan tulis tangan, sehingga panitia kesulitan untuk mengumpulkan formulir, kehilangan data atau sobek. Dari masalah di atas, penulis termotivasi untuk membuat sistem informasi penerimaan siswa baru (PSB) berbasis web dengan menggunakan PHP dan MYSQL. Penulis akan membuat pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB) menjadi lebih efisien sehingga dapat mempermudah semua pihak dalam proses penerimaan siswa baru (PSB). Pelaksanaan PSB berbasis web dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, tidak perlu lagi datang ke sekolah hanya untuk mendaftar anaknya dan melihat hasil pengumuman Penerimaan Siswa Baru (PSB), semua itu untuk mempermudah calon siswa dan orang tua, agar dapat mengakses melalui komputer, Laptop dan handphone yang dengan web. Penelitian ini berhasil mengembangkan perangkat lunak berbasis web untuk membantu SMP Negeri 2 Wulla Waijelu dalam penerimaan siswa baru (PSB). Pengujian sistem menggunakan metode black box yang menghasilkan sebuah halaman yang diuji sesuai dengan hasilkan yang diharapkan.

References

Anwardi, a. r. (2020). Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. JURNALREKAYASA SISTEM DAN INDUSTRI, 7(1), 57-65.
Ghiffary, M. (2018). Analisis komponen desain layout, warna dan kontrol pada antarmuka pengguna aplikasi mobile berdasarkan kemudahan pengguna (Studi kasus: aplikasi olride). Jurnal teknik its, 7(1), 143-148.
colifah, w. n. (2018, desember). pengujian black box testing pada aplikasi action dan strategi berbasis android dengan teknologi phonegap. jurnal string, 3, 206-210.
Suherni, S., Nur, R., & Hayatullah, K. (2017). Aplikasi Pendaftaran Dan Penerimaan Siswa Baru di SMK Negeri 1 Rupat Berbasis Web. 9(2), 15–24.
Haqi, B. (2019). Aplikasi absensi dosen dengan java dan smartphone sebagai barcode reader. Jakarta: Pt elex media komputindo.
Nugroho, A., & Hidayat, A. (n. d. . (2015). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus di SMA Nusaputera Semarang). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 1–10.
Kadir, A. (2003). Pengenalan sistem informasi. Yogyakarta: Andi.Ladjamudin, A.-B. B. (2013). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Graha ilmu.
M. Sidi Mustaqbal, R. F. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box testing Boundary. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3), 1-16.
jogiyanto, H. (2005). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Andi.
Published
2023-04-27
How to Cite
HINA NDAKUWONGU, Oktavianus; RADA, Yustina; SITANIAPESSY, Dessy Asnath. SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMP NEGERI 2 WULLA WAIJELU KECAMATAN WULLA WAIJELU. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 378 - 392, apr. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/420>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles