PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BENDA-BENDA ADAT PADA ANAK TK

  • Merah Kariri Hara Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,

Abstract

Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, termasuk pendidikan internasional. Di bidang pendidikan, teknologi berdampak langsung pada cara orang belajar, dengan media permainan menjadi salah satu contoh yang paling menonjol. Game edukasi adalah proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi diri guna mewujudkan pembelajaran yang lebih baik.Penggunaan media atau sarana belajar yang menarik khususnya dalam pengenalan benda-benda adat adalah cara tepat untuk mrningkatkan pengetahuan anak.Memasukkan media ke dalam proses pengajaran akan memudahkan anak untuk memahami apa yang diajarkan, khususnya dengan memasukkan permainan edukatif. Masalah yang ada pada Tk Wangga adalah kurangnya media pembelajaran dalam mengenal benda-benda adat dan proses belajar masih mengunakan gambar dengan cara guru memperlihatkan dan anak-anak mengenali dan menyebutkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran berbasis permainan untuk konsep fundamentalbend-and-bend sehingga dapat menumbuhkan kreativitas anak. Tadinya pembelajaran dengan metode konvensional kini akan menggunakan metode pembelajaran simulatif sebagai alternatif dari metode pembelajaran berbasis permainan. Sistem yang menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) merupakan metode yang tepat untuk membuat dan meluncurkan aplikasi media tertentu yang berfungsi sebagai gambar, teks, dan media lainnya.Gabungandari gambar, suara, vidio, animasi. Pembuatan game ini menggunakan aplikasi Unity, yaitu aplikasi khusus yang dirancang untuk membuat game.

References

Al Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game edukasi pembelajaran bahasa Inggris untuk pengenalan benda-benda di rumah bagi siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78-92. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844
Febriansyah, F., Nining, R., Purnamasari, A. I., Nurdiawan, O., & Anwar, S. (2021). Pengenalan Teknologi Android Game Edukasi Belajar Aksara Sunda untuk Meningkatkan Pengetahuan. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 336-344. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3676
Kuswantoro, E. N. T., Rachman, T., & Munadzar, A. F. (2021). Game “Roro Jonggrang” Sebagai Media Belajar Untuk Mengenalkan Cerita Rakyat. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 33-38. https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3379
Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196-208.
Rosalina, L., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Game Edukatif Matematika Berbentuk Power Point Untuk Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Pane, B., & Najoan, X. B. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. JurnalTeknikInformatika, 12(1). https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17793
Prameswari, D. P., Setiawan, A. B., & Farida, I. N. (2022). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Dan Susun Kata Untuk Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Prasetiyo, H., Widaningrum, I., & Astuti, I. P. (2020). Game edukasi math & trash berbasis android dengan menggunakan scirra construct 2 dan adobe phonegap. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 4(1), 37-49. http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/v..
Fraser, A. F., & D. M. Broom. (1997). Farm animal behaviour and welfare (3rd ed.). CAB International.
Wardhana, A. W. (2017). Anatomi Unggas (1st ed.). UB Press.
Published
2023-02-25
How to Cite
HARA, Merah Kariri; TALAKUA, Alfrian Carmen. PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN BENDA-BENDA ADAT PADA ANAK TK. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-18, feb. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/421>. Date accessed: 24 sep. 2023.
Section
Articles