Game edukasi RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH (Studi Kasus: Tpa Raudhatul-Jannah Waingapu).

RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH (Studi Kasus: Tpa Raudhatul-Jannah Waingapu).

  • Zulfikar Umar Nanyetu Universitas Kristen Wira Waca Sumba
  • Pingky Alfa Ray Leo Lede Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Salah satu kewajiban kita sebagai ummat muslim yang taat pada ajaran al- qur’an ialah menerapkan sejak dini untuk memahami dan mempelajari dasar dari al-qur’an terutama dasar-dasar huruf hijaiyah yang menjadi dasar landasan untuk mempelajari al-qur’an lebih dalam. Dalam hal ini penerapan game edukasi yang memancing niat kita untuk belajar huruf hijaiyah sangat dibutuhkan untuk membantu dalam tahapan pembelajaran al- qur’an lebih baik lagi. maka dibutuhkan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan minat dan pengetahuan kita belajar pengucapan huruf hijaiyah sejak awal. Jenis penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode waterfall dan hasil dari penelitian ini adalah berupa sebuah aplikasi permainan yang berunsur edukasi dan pembelajaran huruf hijaiyah berbasis game android

References

Hidayati, N. (2017). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif ( Adobe Flash CS6 ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Jurug Sewon. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 169–172.

Nasher, F., & Ferdiansyah, M. I. (2021). Game Edukasi Mengenal Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mobile (Studi Kasus : Dta Nurul Muttaqien). Media Jurnal Informatika, 13(2), 92. https://doi.org/10.35194/mji.v13i2.1917

Saputra, A. I. (2019). Rancang Bangun Game Interaktif Pembelajaran Huruf Hijaiyah untuk Pemula Berbasis Game Andoroid. Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/15720/1/Andi Indra Saputra_60200115059.pdf

Saputri, F. H., Ramdhan, S., & Baktiar, N. A. (2021). Perancangan Game Edukasi Marbel Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode t-Test. Jurnal Sisfotek Global, 11(1), 40. https://doi.org/10.38101/sisfotek.v11i1.343

Sayidah, R. R., Hurri, I., & Siwiyanti, L. (2021). Media Game Edukasi Berupa Aplikasi Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Media Game Edukasi Berupa Aplikasi Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini, 5(2), 142–154.

Setiawan, R. R., & Nita, S. (2019). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Qur’an Edu Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 225–228.

Supriadi, S. (2018). Rancangbangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Game Egine Construct 2. Buffer Informatika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.25134/buffer.v4i1.1136
Published
2023-05-16
How to Cite
NANYETU, Zulfikar Umar; LEDE, Pingky Alfa Ray Leo. Game edukasi RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH (Studi Kasus: Tpa Raudhatul-Jannah Waingapu).. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 425 - 438, may 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/423>. Date accessed: 25 sep. 2023.
Section
Articles