GAME EDUKASI PENGENALAN PROFESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID

  • Megawati Jua Ledak Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Perkembangan dunia Pendidikan saat ini semakin pesat sehingga membuat semua bidang pada dunia Pendidikan beradaptasi dalam penggunaan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi dalam dunia Pendidikan adalah multimedia. Multimedia sendiri digunakan untuk merangsang kinerja otak lebih baik dalam menerima informasi. Sejak dulu multimedia dikembangkan dalam berbagai aspek untuk menyampaikan informasi, salah satunya adalah game edukasi. Saat ini game edukasi berkembang cukup pesat dalam berbagai versi salah satunya versi mobile. Taman kanak-kanak (TK Negri Pembina Kabupaten )  yang terletak di Kelurahan Kamalaputih, memiliki jumlah siswa 96 anak. TK Negri Pembina Kabupaten merupakan instansi Pendidikan yang belum beradapatasi dengan dunia teknologi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran terhadap  anak masih menggunakan media seadanya, karena anak-anak usia dini perlu penjelasan lebih supaya pengetahuan yang diberikan dapat diterima dengan baik, salah satu pembelajaran yang cukup sulit disampaikan guru kepada anak-anak ialah terkait dengan pengenalan profesi yang tertuang dalam materi pembelajaran Berdasarkan permasalahan diatas maka dalam penilitian ini dibangunlah sebuah game edukasi pengenalan profesi berbasis mobile  yang dikembang menggunakan MDLC (Multimedia Life Cycle) sebagai media pembelelajaran untuk pegenalan profesi bagi anak-anak di TK Negri Pembina Kabupaten. Hasil pengujian dari game menunjukan respon yang bagus dengan memiliki tingkat usability 76,22 % dengan Grade Sangat Baik.

References

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Bintoro,Y., & Wahyu, P. (2015). Game Edukasi Pengenalan Transportasi dan Pekerjaan
dalam Bahasa Inggris untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Flash (Studi Kasus:
TK ABA Pokoh). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015
Sugara, E., Muhammad, A., & Sugeng, W. (2017). Aplikasi Pengenalan Profesi Pekerjaan
BagiAnak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Riau Journal Of Computer
Science, 3(2), 89-96.
Felonna 2018,Game Edukasi Pengenalan Profesi Dan Pekerjaan Untuk Anak Tk
Luther, 1994.Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Profesional,

Hanafri, m. 2015 Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Hanafri, M.igame Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android.
Putra, D. W. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Sedia Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.
Aachmawati. 2021. Pengenalan Profesi Untuk Anak Menggunakan Flashcard Berbasis android. Pengenalan Profesi Untuk Anak Menggunakan Flashcard Berbasis Android
Published
2023-02-25
How to Cite
LEDAK, Megawati Jua; TALAKUA, Alfrian Carmen. GAME EDUKASI PENGENALAN PROFESI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 42-51, feb. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/426>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles