APLIKASI GAME ALKITAB BERBASIS ANDROID PADA ANAK SEKOLAH MINGGU (STUDI KASUS: SEKOLAH MINGGU BUKIT ZAITUN RADAKAPAL)

  • Aryani Malai Lunggi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia
  • Rambu Yetti Kalaway Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia
  • Pingky Alfa Ray Leo Lede Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era ini sangat pesat ditandai dengan munculnya berbagai teknologi yang baru, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, khususnya pada bidang visual. Dalam grafika komputer, tampilan yang nyata dari sebuah software makin berkembang. Dalam proses pembelajaran pada Sekolah Minggu di Bukit Zaitun Radakapal Kecamatan Kota Waingapu dalam materi cerita tentang Adam dan Hawa, terkait dengan proses pembelajaran yang sering dilakukan, pada saat menyampaikan materi tentang pengenalan cerita Adam dan Hawa, sampai saat ini menggunakan metode pembelajaran secara konvensional, dari gambar yang ada pada poster,buku, dan alat belajar lainnya. Untuk itu agar pembelajaran tentang materi cerita tentang Adam dan Hawa dan agar imajinasi anak lebih mendekati yang dibayangkan anak, diperlukan animasi. Animasi 

References

Alisyafiq, S., Hardiyana, B., & Dhaniawaty, R. P. (2021). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 135–143. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.594
Ambat, M. P., Sentinuwo, S., & Sugiarso, B. A. (2017). Aplikasi Pengenalan Alkitab Interaktif Untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16972
Fakhriyana, D., Agama, I., & Negeri, I. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan ( Daring ) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pendahuluan Merebaknya virus Covid-19 di Indonesia menyebabkan pembelajaran yang. 19–30.
Hal, A., Suryani, E., & Purwanti, K. Y. (2019). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pengenalan Game Edukasi Android Sebagai Penunjang Perkembangan Kognitif Anak Di Indonesia banyak orang. 3(2). Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.7 No.4.
Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan multimedia online dalam pembelajaran. III(2), 194–204.
Mulyonugroho, Y. Z., Bangsa, P. G., Christianna, A., Seni, F., & Kristen, U. (n.d.). Perancangan Board Game Dengan Tema Pahlawan Pahlawan Alkitab Untuk Pembelajaran Moral Bagi Anak-Anak Sekolah Minggu Umur 5-7 Tahun, Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.3 No.1(1).
Pramesti, D. Y., & Arifin, R. W. (2020). Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Students‘ Research in Computer Science, 1(2), 109–122. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v1i2.400
Purnomo, A. J. (2017). Aplikasi Game Edukasi Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar Educational Game App for Children of Primary School. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 12.1.03.02, 2–7.
Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.3 No.1(1), 26–31.
Teknik, P., Dan, I., Elektro, J. T., & Teknik, F. (2019). Rancang bangun aplikasi media. Journal on Computer and Information Technology), Vol.11
Yudha, A. P. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Teknik Dasar Pengelasan Untuk Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk Piri Sleman. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2023-08-22
How to Cite
LUNGGI, Aryani Malai; KALAWAY, Rambu Yetti; LEDE, Pingky Alfa Ray Leo. APLIKASI GAME ALKITAB BERBASIS ANDROID PADA ANAK SEKOLAH MINGGU (STUDI KASUS: SEKOLAH MINGGU BUKIT ZAITUN RADAKAPAL). Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 326-338, aug. 2023. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/530>. Date accessed: 12 july 2024.
Section
Articles