Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di SMP Negeri 3 Waingapu
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Relasi, FungsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yang terdiri dari tiga kali pertemuan pada semester ganjil TA 2024/2025. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C dengan jumlah 29 orang di SMP Negeri 3 Waingapu. Selanjutnya, untuk pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, dokumentasi dan panduan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada pra siklus sebesar 17% dan meningkat pada siklus I sebesar 68% kemudian terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 87%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi.