Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Classpoint Dilengkapi LKS Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 7 Tana Righu
Keywords:
Model Problem Based Learning, Media Classpoint, LKS LiveworksheetsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Classpoint dilengkapi LKS Liveworksheets terhadap hasil belajar IPA siswa SMP N 7 Tana Righu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif Asosiatif. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A SMP N 7 Tana Righu sebanyak 20 orang dan kelas VIII B sebanyak 20 orang dengan jumlah sampel 40 orang semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Pada materi “Usaha dan Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari”, berdasarkan penilaian hasil belajar ranah kognitif yang terdiri dari C1, C2, C3, dan C4. Berdasarkan hasil uji dependent sampel t-test dependent diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001 untuk hasil kelas kontrol pada pretest dan postttest artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, dan dependent diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,002 untuk hasil kelas eksperimen pada pretest dan posttest artinya nilai tersebut kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Classpoint Dilengkapi Dengan LKS Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 7 Tana Righu.