Implementasi Model Direct Instruction Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Pemahaman Konsep, model direct instruction, media interaktifAbstract
Penelitian yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya pemahamn konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa menggunakan model direct instruction berbantuan media interaktif materi siklus air dan ekosistem kelas III SD Negeri 02 Sanoba. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Inpres 02 Sanoba, tahun ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Inpres 02 Sanoba, sedangkan sampel berjumlah 25 siswa. Data dalam penelitian ini dihimpun melalui instrument tes yang berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis deskriptif dan menggunakan Uji Normalisasi Gain untuk menjawab peningkatan. Hasil yang diperoleh menunjukkan pemahaman konsep setelah pembelajaran dengan model direct instruction berbantuan media interaktif memperlihatkan adanya perubahan. Sementara untuk hasil uji N-gain diperoleh 1.00 pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model direct instruction berbantuan media interaktif layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.