Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Pada Kelas X TBSM di SMK Negeri 5 Waingapu

Authors

  • Tamu Ina Lambu Emu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Darius Imanuel Wadu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Iona Lisa Ndakularak Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Model Pembelajaran Jigsaw, Motivasi Belajar Matematika, Peserta didik

Abstract

Tujuan penelitian dilaksanakan adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika peserta didik. Metode penelitian adalah pra-eksperimen dan design eksperimen yang digunakan adalah one group pretest and postest design. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan beberapa metode uji deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata pretest yaitu 95,24 > 55,71 yang mengindikasikan adanya peningkatan keadaan sebelum dan sesudah perlakuan. Pengujian hipotesis dengan uji-t menjelaskan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000 dan lebih kecil dari 0.05, sehingga  diterima, yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap motivasi belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31