Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Waingapu

Authors

  • Arlensi Vince Kaka Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Darius Imanuel Wadu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Iona Lisa Ndakularak Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Waingapu. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Kelas A sebagai kelas eksperimen diterapkan pendekatan matematika realistis, sedangkan kelas B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Subjek penelitian terdiri dari 66 siswa, dengan masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Data dikumpulkan melalui tes akhir dilaksanakan setelah proses pembelajaran. Hasil tes dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji z untuk menguji hipotesis penelitian. Rata-rata nilai kelas eksperimen mencapai 81,21, dan kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata 67,75. Hasil uji z menunjukkan nilai signifikansi p < 0,05, yang mengindikasikan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelas. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistis secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Maka, disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan pendekatan ini dalam pembelajaran matematika untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31