PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KAMBATA MAPAMBUHANG

Authors

  • Magdalena Tenga Lunga Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Iona Lisa Ndakularak Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir krirtis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kambata Mapambuhang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang menggunakan one group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kambata Mapambuhang, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu pretest dan posttest kemempuan berpikir krtis siswa sebanyak 4 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji prasyarat, dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji T. Hasil pengolahan data menunjukan nilai rata-rata posttest  berpikir kritis siswa adalah 78,76 lebih besar dari pada nilai rata- rata pretest  yaitu 37,12. Pengujian hipotesis dengan uji T menunjukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 0,05, maka Ha(Hipotesis alernatif) di terima. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir krirtis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kambata Mapambuhang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31