PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KAMBATA MAPAMBUHANG
Keywords:
Problem Based LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir krirtis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kambata Mapambuhang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang menggunakan one group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kambata Mapambuhang, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu pretest dan posttest kemempuan berpikir krtis siswa sebanyak 4 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji prasyarat, dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji T. Hasil pengolahan data menunjukan nilai rata-rata posttest berpikir kritis siswa adalah 78,76 lebih besar dari pada nilai rata- rata pretest yaitu 37,12. Pengujian hipotesis dengan uji T menunjukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 0,05, maka Ha(Hipotesis alernatif) di terima. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir krirtis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kambata Mapambuhang