Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Plakat Materi Bilangan Berpangkat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Wewewa Selatan
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, PlakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning berbantuan Plakat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Wewewa Selatan materi bilangan berpangkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan design eksperimen yang digunakan adalah nonequivalentcontrol grup design. Adapun Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX sebanyak 79 orang, sedangkan subyeknya kelas IX-B sebagai kelas ekperimen dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas IX-C sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, Preteat dan postest, sedangkan Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa pretest dan posttest dengan 5 butir soal uraian, analisis data yaitu, uji prasyarat dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji Z. Berdasarkan uji normalitas dengan menggunakan one sampel kolmogorof-smirnof, tes menunjukan bahwa nilai signifikan terhadap hasil belajar pretest, postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana data sebelum dan sesudah diberi perlakuan adalah 0,200>0,05 maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar pretest, postest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Sedangkan, hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan 2-tailed 0,000 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Wewewa Selatan dengan menerapkan model problem based learning.