Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Carlos Edison Adi Logo Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Darius Imanuel Wadu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elsy Senides Hana Taunu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Hasil Belajar, Team Games Tournament, Pengaruh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Mauliru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design serta menggunakan pretest dan posttest dalam mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Mauliru dengan 119 orang siswa, subjek penelitian adalah kelas VIII A siswa SMP Negeri 4 Mauliru dengan 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini berdasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikan(2-tailed) 0,000, artinya nilai tersebut signifikan < 0,05, ( diterima dan ) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMPN 4 Mauliru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31