Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Komposisi Fungsi
Keywords:
Hasil belajar, model pembelajaran, project based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik terkait materi komposisi fungsi kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus tiga sesi. Siklus pertama dilaksanakan pertemuan sebanyak 2 sesi, sedangkan siklus II dilaksanakan 1 sesi. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini ialah peserta didik kelas XI 1 SMA Negeri 1 Rindi berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini meliputi: observasi, tes tertulis, dan studi dokumentasi. Penilian hasil belajar menitik beratkan pada ranah kognitif. Kriterian Ketuntasan Minimum (KKM) untuk matematika di sekolah tersebut adalah 75. Pada tahap pra siklus terdapat 4 peserta didik dengan tingkat tuntas sebesar 16% dan 21 peserta didik dengan tingkat tidak tuntas sebesar 84%. Siklus I sebanyak 12 peserta didik dengan tingkat tuntas sebesar 48% dan 13 peserta didik dengan tingkat tidak tuntas 52%. Sedangkan, siklus II sekitar 21 peserta didik dengan tingkat tuntas sebesar 84% dan 4 peserta didik dengan tingkat tidak tuntas sebesar 16%. Dengan demikian, dapat diberikan kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi komposisi fungsi kelas XI SMA Negeri 1 Rindi.