Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Acievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Waingapu
Abstract
Penelitian yang di lakukan ini didasarkan pada sebuah tujuan untuk menginvestigasi pengaruh dalam menerapkan model atau sistem pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Waingapu selama tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang diterapkan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest di mana data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang berkaitan dengan pemahaman konsep matematis siswa. Data yang sudah di kumpul selanjutnya dianalisis menggunakan beberapa metode uji deskriptif, uji prasyarat, dan pengujian hipotesis menggunakan uji Z. Bedasarkan analisis data yang dilakukan mengindikasikan bahwa nilai rata-rata posttest untuk kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 79.56, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari nilai pretest sebesar 39.06. Pengujian hipotesis dengan uji Z mengungkapkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000, sehingga Ha dapat diterima, yang menunjukkan adanya dampak yang signifikan dari model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep matematikaPenelitian yang di lakukan ini didasarkan pada sebuah tujuan untuk menginvestigasi pengaruh dalam menerapkan model atau sistem pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Waingapu selama tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang diterapkan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest di mana data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang berkaitan dengan pemahaman konsep matematis siswa. Data yang sudah di kumpul selanjutnya dianalisis menggunakan beberapa metode uji deskriptif, uji prasyarat, dan pengujian hipotesis menggunakan uji Z. Bedasarkan analisis data yang dilakukan mengindikasikan bahwa nilai rata-rata posttest untuk kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 79.56, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari nilai pretest sebesar 39.06. Pengujian hipotesis dengan uji Z mengungkapkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000, sehingga Ha dapat diterima, yang menunjukkan adanya dampak yang signifikan dari model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika