Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Di SMPN 2 Umbu Ratu Nggay Barat

  • Derlin Rambu Dehi Mboru Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Ndjoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster terhadap hasil belajar IPA di SMP N 2 Umbu Ratu Nggay Barat. Jenis penelitan ini adalah quasi eksperimen. Dalam hal ini penelitian memilih nonequivalent control grup desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan 26 peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Umbu Ratu Nggay Barat, semester ganjil, Tahun. Ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian berupa tes tertulis sebanyak 15 butir soal pretest dan 20 butir soal postest berbentuk pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik, yaitu uji validitas dan uji reabilitas, normalitas, uji homogenitas, dan uji t (paired sampel t test) menggunakan SPSS versi 22.  Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data rata-rata nilai postest kelas peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster adalah 79,73 lebih tinggi dari kelas yang diajar dengan menggunakan metode ceramah sebesar 68,58. Hasil pengujian hipotesis degan uji paired sampel t test diperoleh hasil sig (2-tailed) <0,05 (0,000 <0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik di SMP N 2 Umbu Ratu Nggay Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
MBORU, Derlin Rambu Dehi; BANO, Vidriana Oktoviana; NDJOEROEMANA, Yohana. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Di SMPN 2 Umbu Ratu Nggay Barat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNKRISWINA, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/SEMNASDIK-FKIP/article/view/654>. Date accessed: 13 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)