Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Di SMPN 2 Umbu Ratu Nggay Barat
Keywords:
Model Pembelajaran, Think Pair Share, Media Poster, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster terhadap hasil belajar IPA di SMP N 2 Umbu Ratu Nggay Barat. Jenis penelitan ini adalah quasi eksperimen. Dalam hal ini penelitian memilih nonequivalent control grup desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan 26 peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Umbu Ratu Nggay Barat, semester ganjil, Tahun. Ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian berupa tes tertulis sebanyak 15 butir soal pretest dan 20 butir soal postest berbentuk pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik, yaitu uji validitas dan uji reabilitas, normalitas, uji homogenitas, dan uji t (paired sampel t test) menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data rata-rata nilai postest kelas peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster adalah 79,73 lebih tinggi dari kelas yang diajar dengan menggunakan metode ceramah sebesar 68,58. Hasil pengujian hipotesis degan uji paired sampel t test diperoleh hasil sig (2-tailed) <0,05 (0,000 <0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik di SMP N 2 Umbu Ratu Nggay Barat.