Penerapan Metode Permainan Baca-Lakukan Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Metode Baca-Lakukan, Permainan, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui metode permainan baca-lakukan. Masalah utama adalah apakah metode permainan baca-lakukan dapat meningkatkan minat belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV Sekolah Dasar?â€. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Fokus penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri 219 Ara yang difokuskan pada minat belajar siswa yang secara operasional diobservasi pada proses belajar IPA dengan indikator yang diukur, diantaranya: sikap belajar di kelas dan persepsi siswa terkait dengan metode yang diterapkan. Aktivitas belajar yang diobservasi, meliputi: kehadiran murid, partisipasi murid dalam wujud bertanya selama kegiatan baca-lakukan, keberanian murid mendemonstrasikan karya sederhana, kemandirian murid mendemonstrasikan karya sederhana, semangat/gairah belajar murid, keaktifan murid mengumpulkan tugas, dan keaktifan murid menyimpulkan materi. Sedangkan metode belajar permainan baca-lakukan adalah suatu gaya belajar sambil bermain yang didahului dengan pembacaan suatu naskah atau konsep yang akan dilaksanakan atau dikerjakan kaitannya dengan proses belajar untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian terhadap minat belajar siswa yang digambarkan melalui beberapa indikator aktivitas belajar mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, persentase siswa yang berpartisipasi dalam wujud aktif bertanya mengalami penurunan dari rata-rata 79,76% menjadi 64,28%, siswa yang berani mendemons-trasikan karya sederhana meningkat dari rata-rata 79,76% menjadi 90,48%, siswa yang mandiri membuat karya sederhana meningkat dari rata-rata 58,33% menjadi 90,48%, siswa yang mengindikasikan adanya semangat/gairah belajar meningkat dari rata-rata 55,95% menjadi 83,33%, siswa yang aktif mengumpulkan tugas juga meningkat dari rata-rata 75,0% menjadi 85,71%, dan siswa yang aktif menyimpulkan materi juga meningkat dari rata-rata 64,28% menjadi 83,33%. Hasil penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran dengan metode baca lakukan meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar, dengan indikasi meningkatnya aktivitas belajar siswa.