Game Edukasi Kosakata Bagi Anak Tunagrahita Di SLBN Kanatang Berbasis Android
Abstract
Anak penyandang Tunagrahita mengalami keterbatasan dalam daya ingat dan kecerdasan yang berdampak pada proses belajar, khususnya dalam mengenal kosa kata dasar. Di SLBN Kanatang, Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis Android yang dirancang khusus untuk anak tunagrahita. Game ini menggunakan mekanisme drag and drop untuk menyusun kosa kata dan dilengkapi audio pelafalan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mendengar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Selain itu, algoritma Fisher Yates Shuffle digunakan untuk mengacak soal, sehingga soal yang muncul lebih bervariasi dan tidak berulang. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box serta perbandingan antara nilai pre-test dan post-test, terjadi peningkatan kemampuan kosakata siswa sebesar 18%. Oleh karena itu, media pembelajaran ini berpotensi menjadi sarana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa tunagrahita.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayunia Laka Tamar, Arini Aha Pekuwali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.