Perancangan Game Edukasi Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Dan Grammar Tingkat SMP
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya dalam aspek kosakata dan tata bahasa, kerap mengalami berbagai hambatan. Salah satu penyebab utamanya adalah penggunaan metode pengajaran tradisional seperti ceramah panjang dan latihan berulang yang cenderung membosankan dan kurang mampu menarik minat siswa. Di SMP Katolik Anda Luri, pendekatan seperti ini masih sering diterapkan, yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa serta kesulitan dalam memahami materi secara mendalam. Kondisi ini menuntut adanya strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan mampu merangsang keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Sebagai solusi, penelitian ini merancang dan mengembangkan sebuah permainan edukatif interaktif berbasis Android yang ditujukan khusus bagi siswa SMP. Permainan ini dirancang dengan konsep side-scrolling yang memadukan unsur hiburan dan pembelajaran dalam satu platform, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, menantang, dan tidak membosankan. Pengembangan permainan ini menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, pengujian, hingga evaluasi. Efektivitas media ini diuji melalui pengukuran kemampuan kosakata siswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi. Tujuan utama dari proyek ini adalah meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata dan tata bahasa Inggris melalui pendekatan digital yang menarik dan sesuai perkembangan zaman.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zefanya Kiha, Yustina Rada, Desy Asnath Sitaniapessy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.