PENGEMBANGAN GAME EDUKASI RUNNER 3D UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
SD Negeri Mbinu Dita merupakan sekolah dasar di wilayah terpencil Kabupaten Sumba Timur yang menghadapi keterbatasan fasilitas dan media pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Matematika. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan game edukasi berbasis Android dengan genre Runner 3D yang menyajikan soal-soal Matematika dalam format permainan interaktif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan media pembelajaran alternatif yang mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep Matematika dasar. Game ini menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk mengacak soal secara dinamis dan dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Selain itu, untuk memastikan fungsionalitas sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna, pengujian akan dilakukan menggunakan metode Black Box Testing. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar, khususnya di daerah dengan akses terbatas terhadap teknologi pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari 67 pada pretest menjadi 90 pada posttest, yang mengindikasikan bahwa game edukasi ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung dasar matematika secara signifikan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frans Punda Ngitangala, Yustina Rada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.