Penerapan K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Data Nilai Siswa Pada SMP PGRI Waingapu
Abstract
Pendidikan ialah satu di antara faktor penting untuk membentuk SDM yang bermutu, terutama diera digital yang penuh dengan tantangan. SMP PGRI Waingapu di Kabupaten Sumba Timur menghadapi masalah dalam pengelolaan dan pemanfaatan data nilai siswa, yang berdampak pada kurangnya personalisasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengelompokan siswa kelas VII berdasarkan nilai pengetahuan dan nilai proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sesuai kurikulum merdeka dengan metode k-means clustering. Data diambil dari 70 siswa, meliputi nilai 10 mata pelajaran dan 1 proyek P5 pada semester 1 tahun ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan tiga variabel yaitu jenis kelamin, nilai pengetahuan, dan nilai proyek P5 dihasilkan tiga klaster yaitu prestasi tinggi, sedang, dan rendah. Hasil pengelompokan ini diharapkan menjadi acuan dalam penerapan strategi pembelajaran yang lebih terfokus dan personal, guna membantu siswa mencapai potensi maksimal.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sonia Yina, Arini Aha Pekuwali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.