Game Edukasi Pembelajaran Perkembangbiakkan Tumbuhan Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle di Adobe Flash

  • Ferdinand Yonathan Djara Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Maria Adreana Elisabeth Willem Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Desrita Jera Ananau Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Lidwina Rosdiani Ndunga Haur Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Arini Aha Pekuwali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Tri Sari Dewi Novyanti Bertha Mira Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Leonard Marten Doni Ratu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan mampu mendorong kemampuan belajar bagi peserta didik. SD Masehi Lumbu Menggit merupakan salah satu program SD yang bertujuan untuk membantu anak mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya secara optimal melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Materi yang diberikan salah satunya adalah materi perkembangbiakan tumbuhan, namun masih kesulitan dan dibatasi dengan sarana prasarana dalam penyampaian materi karena sulitnya menggambarkan perkembangbiakan tumbuhan. Pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas guru hanya menggunakan buku, metode lisan, dan belum adanya media lain yang digunakan untuk membantu dalam proses mengajaran. Hal ini juga dapat menyebabkan kesulitan bagi peserta didik dalam mencerna informasi dan mengingat materi yang disampaikan, hal demikian juga memengaruhi nilai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang dapat mendukung pendidik dalam proses penyampaian materi. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah sebuah metode atau proses pengembangan multimedia yang terstruktur dan berurutan. Metode ini digunakan untuk mengembangkan multimedia dengan tujuan menciptakan produk multimedia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang telah di rancang dan di kembangkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar.

Published
2023-12-21
How to Cite
DJARA, Ferdinand Yonathan et al. Game Edukasi Pembelajaran Perkembangbiakkan Tumbuhan Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle di Adobe Flash. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA INOVATIF WIRA WACANA, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 221-232, dec. 2023. ISSN 2962-5998. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/inovatif/article/view/724>. Date accessed: 13 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.58300/inovatif-wira-wacana.v2i3.724.
Section
Articles