STRATEGI PENGEMBANGAN INFORMATION CENTER RESORT KAMBATA WUNDUT TAMAN NASIONAL MANUPEU TANAH DARU
Keywords:
Strategi, SWOT, Taman Nasional Matalawa, QSPMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta menyusun alternatif strategi pengembangan Information Center Resot Kambata Wundut Taman Nasional Manupeu Tana Daru. Penelitian ini dilaksanakan di Infomation Center Kambata Wundut, Resort Kambata Wundut,SPTN Wilayah II Lewa, Taman Nasioanal Matalawa. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan karena di Desa Kambata Wundut terdapat sebuah fasilitas atau tempat yang bertujuan untuk menyediakan informasi terkait kegiatan wisata yang berada di desa tersebut. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Juni 2025. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, dengan metode analisis SWOT. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan wawancara secara langsung kepada responden atau pihak pengelola Information Center,pengunjung dan mayarakat sekitar. Berdasarkan hasil analisis ditetapkan beberapa strategi alternatif dalam upaya pengembangan Information Center Resort Kambata Wundut Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, yaitu: (1) Memaksimalkan penggunaan teknologi dalam upaya mempromosikan kekayaan flora dan fauna yang ada, (2) Menggelar kegiatan promosi, untuk memperkenalkan kekayaan fauna dan flaura yang ada, (3) Memaksimalkan penggunaan teknologi untuk melengkapi data ataupun informasi terkait Information Center Resort Kambata Wundut, (4) Memaksimalakan kelengkapan sarana dan prasarana dalam upaya menjaga kenyamanan pengunjung dilokasi, (5) Memaksimalkan kegiatan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar, terkait upaya menjaga kelestarian hutan, (6) Menciptakan program-progam yang banyak melibatkan masyarakat sekitar,(7) Melakukan riset terkait persepsi wisatawan, sebagai latar belakang dalam upaya meningkatkan kualitas kenyamanan bagi para pengunjung
Downloads
References
Astiti, N. K. A. (2016). Sumber Daya Arkeologi dalam Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan diProvinsi Maluku.KapataArkeologi,12(1),15.https://doi.org/10.24832/kapata.v12i1.312
Gianina, I. S., Prasetya, A., & Dewantara, R. Y. (2016). Analisis Peran Tourist Information Centre (TIC) Terhadap Pengambilan Keputusan Wisatawan Mengunjungi Obyek dan Kawasan Wisata (Studi Pada TIC Malioboro, Yogyakarta). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 1–8. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Guna, D., & Persyaratan, M. (2008). AMANAH KARANGPANDAN.
Iii, B. A. B., & Penelitian, A. L. (2015). Irfan Rifa’i , 2015 faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi kelompok lansia di kota bandung dalam memanfaatkan waktu luang untuk rekreasi Universitas Pendidikan Indonesia | .upi.edu perpustakaan.upi.edu. 2012.
Karomah. (2020). Jurnal Ilmu Manajemen , Volume 17 , Nomor 2 , 2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2, 2020, 17, 58–70.
Kirana, W. A., & Pamungkas, L. S. (2020). Peran Kontekstualitas Kawasan Dalam Desain Tourism Information Center Borobudur Magelang. Jurnal Arsitektur ZONASI, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.17509/jaz.v3i1.17854
Mega, S. A., & Nofita, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di tengah Pandemi Covid 19 pada UMKM Pesanminum Bandar Lampung. Jurnal PendidikanTambusai,7(1),875890.https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5368%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5368/4480
David, F. R., David, F. R., & David, M. E. (2015). Strategic management: concepts and cases: A competitive advantage approach. In Pearson (Vol. 12, Issue October).
Iskandar, A. H. (2021). Strategi Pengelolaan Sanggar Gong Sitimang Dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga?: Jurnal Seni Rupa, 10(2). https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24938
Selitara, U. Y., Wadu, J., & Asnawi, M. I. S. (2024). Identifikasi Potensi dan Kelayakan Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Blok Hutan Kambata Wundut Taman Nasional Manupeu Tanadaru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa). Botani?: Publikasi Ilmu Tanaman Dan Agribisnis, 1(3), 38–53. https://doi.org/10.62951/botani.v1i3.84
Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & K. Pongtuluran, A. (2022). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909–1915. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2621
Mudana, I. W. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Di Daerah Tujuan Wisata Desa Pemuteran Dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 598–608. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6381
Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Museum Satwa ). Jurnal Administrasi Bisnis,25(1),19.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFe/1017/1200
Syahrizal, M. F. (2022). Program studi ilmu komunikasi fakultas psikologi dan ilmu sosial budaya universitas islam indonesia.
Tamu, J. (2015). Muhammad Fariz Zulhilmi , 2015 analisis prod uk wisata terhad ap kepuasan pengunjung museum perjuangan rakyat jawa barat d i band ung Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 2006, 1–8.
Maryam, H. M., Sjafari, A., & Riswanda, R. (2022). Manajemen Pelayanan Keterbukaan Informasi Publik Pada Dinas Komunikasi dan Informatika, Sandi dan Statistik Kota Cilegon. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 3(2), 376-389.
Triana, D., Nuraini, Q., & Rusfien, I. T. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Informasi Dengan Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Geopark Information Center Palabuhanratu. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 4(2), 78-87.
Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan: Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 582-591.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 aldo tambalo, Junaedin Wadu, Diecky Arif Rachman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.