Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Sumba Berbasis Android Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle

Authors

  • Indriani Hamu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Rambu Yetti Kalaway Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Erwianta Gustial Radjah Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Alat Musik Tradisional, Game Edukasi,, MDLC, Pelestarian Budaya, Algoritma Fisher-Yates shuffle

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang berlimpah, namun menghadapi tantangan dalam pelestarian alat musik tradisional, terutama di Pulau Sumba. Generasi muda, yang seharusnya menjadi penerus budaya, seringkali tidak memiliki akses untuk mengenal dan memahami alat musik tradisional. Di Sumba Timur, sebagian besar SD mengajarkan budaya Sumba dalam mata pelajaran Muatan Lokal, tetapi tidak secara spesifik memperkenalkan alat musik tradisional, sehingga banyak siswa yang belum mengetahui bentuk fisiknya. SDI Papindung adalah salah satu sekolah yang mengajarkan budaya, termasuk alat musik tradisional, tetapi hanya secara teori. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah permainan edukasi berbasis Android yang ditujukan untuk memperkenalkan alat musik tradisional Sumba kepada generasi muda. Metode yang diterapkan adalah Multimedia Development Life Cycle, yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, produksi, pengujian, serta distribusi. Algoritma Fisher-Yates shuffle akan digunakan untuk mengacak pertanyaan dalam permainan tersebut. Permainan ini dirancang secara interaktif agar para siswa dapat mengenal nama, bentuk fisik, suara, serta fungsi alat musik tradisional tersebut, dan diharapkan ikut berperan dalam pelestarian warisan budaya Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisyafiq, S., Hardiyana, B., & Dhaniawaty, R. P. (2021). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma Dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 135–143. Https://doi.org/10.24036/Jpkk.V5i2.594

Hamas, M., & Imaduddin, Z. (2019). Pengembangan Sistem Jual Beli Bahan Pokok Petani Berbasis Aplikasi Mobile. Jurnal Informatika Terpadu, 5(2), 49–55. Https://Journal.Nurulfikri.Ac.Id/Index.Php/JIT

Khoiruddin, D. W. Dan U. S. G. (2021). Indonesia Sebagai Negara Dengan Kekayaan Budaya. Binus University.

Kusniyati, Harni, N. S. P. S. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android Harni, 9(1), 9–18.

Nestorman, Musikus I. (2018). Berburu Bunyi Di Tana Humba. Indonesia Majalah. Https://Issuu.Com/Indonesiana/Docs/Indonesiana_Vol.12_Bahasa_Indonesia/S/1443234

Pramono, B. (2024). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Aplikasi Quiz Online Materi Pemrograman Dasar. Anoatik: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 2(1), 22–29. Https://doi.org/10.33772/Anoatik.V2i1.31

Priatno, E. A., & Sumantri, R. B. B. (2021). Dukungan Perangkat Lunak Authoring Dalam Prespektif Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi, 2(2), 13–19. Https://doi.org/10.35960/Ikomti.V2i2.708

Raihan Cahya Adi Putra, Wahyudi Wahyudi, Chris Dwi Yanthy, Elok Wigati, & Syarif Fahmi Mauliansyah. (2023). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Din. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 6(1), 62–71. Https://doi.org/10.55606/Isaintek.V6i1.92

Riada, E. U. (2021). Deskripsi Alat Musik Tradisional Sumba Oleh Elson Umbu Riada. Https://Osamusicstudio.Blogspot.com/2021/03/Deskripsi-Alat-Musik-Tradisional-Sumba.Html

Supriyanto, B. E. (2024). Masa Depan Musik Tradisional Indonesia Di Era Digital. Kompasiana. Https://Www.Kompasiana.com/Bennyekosupriyanto8389/66c2af92c925c46b3634d533/Masa-Depan-Musik-Tradisional-Indonesia-Di-Era-Digital

Uminingsih, Nur Ichsanudin, M., Yusuf, M., & Suraya, S. (2022). Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 1–8. Https://doi.irg/10.55123/Storage.V1i2.270

Yusuf, A., & Mustagfirin, M. (2022). Game Edukasi Unsur Dan Sifat Segi Empat Berbasis Android Menggunakan Unity 3D (Studi Kasus MTS Hasyimiyah Kalisidi). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2), 144. Https://doi.org/10.36499/Jinrpl.V4i2.7000

Downloads

Published

01-09-2025