Perancangan Game Edukasi Interaktif untuk Pembelajaran dan Pencegahan DBD di SDN Njara Bara

Authors

  • Arnita Taba Leki Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yustina Rada
  • Desy Asnath Sitaniapessy

Keywords:

Game Edukasi Interaktif, DBD, SDN Njara Bara, MDLC, Fisher-Yates Shuffle

Abstract

Permainan yang dapat dimainkan siswa untuk belajar dan menghentikan demam berdarah demam berdarah (DHF). Di lakukan untuk siswa di kelas 5 dan 6 di Sdn Njara Bara. Penelitian ini adalah tentang bagaimana siswa belajar tentang DHF, yang merupakan penyakit yang mempengaruhi otak. Tidak banyak diketahui tentang bagaimana siswa belajar tentang DHF, dan materi pembelajaran tidak terlalu menarik. Game ini dikembangkan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan diimplementasikan melalui Unity 3D dengan dukungan dari algoritma shuffle fisher-yates untuk mengacak kuis. Kemungkinan Permainan ini bekerja dengan baik dan membantu siswa belajar lebih banyak tentang DHF. Siswa belajar lebih banyak tentang DHF setelah bermain game, dan permainan sesuai dengan harapan mereka. Para siswa melakukan lebih baik dalam ujian. Skor rata-rata naik dari kemungkinan game ini membantu orang belajar tentang DHF dengan cara yang menyenangkan. Orang dapat belajar tentang DHF dan bagaimana mencegahnya dengan game ini. Game ini mengajarkan orang tentang penyebab dan gejala DHF dengan cara yang baik. Game ini adalah cara yang baik untuk belajar tentang kesehatan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Kami menyarankan agar lebih banyak pekerjaan harus mencakup masalah kesehatan lainnya dan menggunakan teknologi AR atau VR untuk membuat pembelajaran lebih realistis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, H., & Maulana Syaputra, E. (2019). Faktor Risiko Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Indramayu. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(3), 159–164. DOI: https://doi.org/10.56338/mppki.v2i3.626

Anggraini, D. R., Huda, S., & Agushybana, F. (2021). Faktor Perilaku Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Daerah Endemis Kota Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(2), 344–349. DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.1080

Asih, V., Saputra, A., & Subagio, R. T. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android. Jurnal Digit, 10(1), 59. DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v10i1.156

Ghodiq Ufthoni, Bagoes Widjanarko, Apoina Kartini, Tri Joko, Mochamad Abdul Hakam, & Hendrixus Eko SuraniPutro. (2022). Edukasi Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 5(2), 121–130. DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i2.221

Nugraheni, E., Rizqoh, D., & Sundari, M. (2023). Manifestasi Klinis Demam Berdarah Dengue (Dbd). Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan?: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 10(3), 267–274.

Putra, A. D., Susanto, M. R. D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 1(2), 32–34. DOI: https://doi.org/10.58602/chain.v1i2.29

Rahma, & Nurhayati. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 38–41.

Sari, R. K., Djamaluddin, I., Djam’an, Q., & Sembodo, T. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Demam Berdarah Dengue DBD di Puskesmas Karangdoro. Jurnal ABDIMAS-KU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kedokteran, 1(1), 25.

Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57.

SUTRIYAWAN, A. (2021). Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Dbd) Melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk. Journal of Nursing and Public Health, 9(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.37676/jnph.v9i2.1788

Downloads

Published

08-09-2025