Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Studi Kasus : SDM Kondamara)
Keywords:
Multimedia Interaktif, Unity, Android, Pecahan, Fisher-Yates Shuffle, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi multimedia interaktif berbasis Android yang inovatif dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pecahan di kalangan siswa kelas lima. Proses perancangan dan implementasinya mengikuti metodologi Siklus Hidup Pengembangan Multimedia (MDLC), yang menyediakan kerangka kerja sistematis untuk menciptakan perangkat pendidikan yang menarik dan berkualitas secara pedagogis. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai elemen multimedia, termasuk representasi visual, penjelasan audio, dan latihan interaktif, untuk menciptakan lingkungan belajar yang imersif dan kondusif bagi pemahaman konseptual. Untuk meningkatkan keacakan dan variabilitas aktivitas interaktif, algoritma shuffle Fisher-Yates digunakan, yang memastikan bahwa siswa menghadapi rangkaian soal yang berbeda di setiap sesi, sehingga mendorong keterlibatan aktif dan mengurangi prediktabilitas.Efektivitas aplikasi dievaluasi melalui studi kuasi-eksperimental yang melibatkan tes pra-dan pasca-penilaian yang diberikan kepada siswa kelas lima yang berpartisipasi. Hasil menunjukkan peningkatan skor tes yang signifikan secara statistik setelah intervensi, yang menunjukkan bahwa aplikasi multimedia berhasil memfasilitasi pemahaman pecahan yang lebih baik. Lebih lanjut, umpan balik kualitatif menggarisbawahi kapasitas aplikasi untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, yang tampaknya memotivasi siswa dan meningkatkan minat mereka terhadap matematika. Secara keseluruhan, studi ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi multimedia, yang dipandu oleh proses pengembangan terstruktur dan disempurnakan dengan pengacakan algoritmik, dapat berfungsi sebagai alat pedagogis yang berharga dalam pendidikan matematika dasar. Temuan ini berkontribusi pada semakin banyaknya bukti yang mendukung lingkungan belajar berbasis teknologi bagi pelajar muda.
Downloads
References
Asih, V., Saputra, A., & Subagio, R. T. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android. Jurnal Digit, 10(1), 59. https://doi.org/10.51920/jd.v10i1.156
Dewi Fortuna Rahayu, Ardi, Helendra, R. Y. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android tentang Materi Animalia untuk Peserta Didik SMA / MA. 09, 126–134.
Gartika, E., Rahayu, W., & Utomo, E. (2019). Materi Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. 1(5).
Kuswanto, J., Informatika, P. S., & Baturaja, U. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. 6(2), 78–84.
Nelwan, C. K., Mamahit, D. J., Sugiarso, B. A., & Yusupa, A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1. 15(1).
Pradana, A. G., & Nita, S. (2019). Rancang bangun game edukasi “amudra” alat musik daerah berbasis android. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 49–53.
Rohman, M. A., & Kasoni, D. (2020). Prototype Game Pencegahan Demam Berdarah Dengue Menggunakan Unity 2D. Jurnal Teknik Informatika, VI(2), 58–62.
Saputri, M. E. E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Vi Sd Negeri Gunung Pasir Jaya Pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 211–222. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp211-222
Subaeki, B., & Ardiansyah, D. (2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Infotronik?: Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 2(1), 67–74. https://doi.org/10.32897/infotronik.2017.2.1.31
Supardi, R., Informatika, J., Komputer, F. I., & Bengkulu, U. D. (2021). PEMBUATAN GAME BALAP KELINCI DENGAN UNITY. 7(1), 19–26.
Wulandari, B., Ardiansyah, F., Eosina, P., & Fajri, H. (2019). Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. 7(1), 11–19. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2028
Yani Ibrahim, R., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). LAPLACE?: Jurnal Pendidikan Matematika ANALISIS KESULITAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR. 12–18. https://doi.org/
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dearriny Tamu Apu, Yustina Rada, Desy Asnath Sitaniapessy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.