Perancangan Game Edukasi Sebagai Media Promosi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • dwiyani tangu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Arini Aha Pekuwali
  • Trisari Dewi N.B Mira

Keywords:

Game Edukasi, Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), MDLC, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan kebiasaan penting yang harus ditanamkan sejak usia dini terutama di tingkat sekolah dasar, karena anak-anak berada dalam tahap pembentukan karakter. Namun, penyampaian materi PHBS di sekolah dasar masih didominasi metode konvensional yang kurang efektif dan menarik, sehingga pemahaman siswa terhadap PHBS masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi PHBS berbasis Android sebagai media interaktif untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui tahap pengembangan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Materi yang mencakup kebersihan diri, kebersihan lingkungan dan pola makan sehat disusun secara menarik. Uji coba game akan dilaksanakan untuk mengevaluasi efektivitasnya menggunakan kuesioner dan observasi keterlibatan siswa. Persentase peningkatan nilai mencapai sekitar 71.81% yang menunjukan bahwa siswa mengalami kemajuan yang baik dalam pemahaman materi setelah menggunakan game edukasi PHBS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, Y., & Maharani, P. (2023). Edutech: Jurnal Teknologi Pendidikan PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 KONAWE UTARA. Edutech: Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 2023. https://doi.org/10.17509/e.v22i2.58047

Booch, G., Rumbaugh, J., & Jacobson, I. (1999). The Unified Modelling Language User Guide.

Fithri, A., Karjatin, A., & Lestari, F. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Phbs Melalui Media Ular Tangga Yang Dimodifikasi. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(1), 9–15. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2058

Marsofely, R. L., & Setiawan, Y. (2023). Bagaimana Pembelajaran Edugame Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) Mempengaruhi Perubahan Sikap dan Perilaku Siswa?? 7(3), 3468–3476. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3443

Permatasari, K., Setiawan, Y., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Meningkatkan Minat dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 SD melalui Pengembangan Game The Rotation. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1408–1418.

Putri, L. A. I., & Trisnawati, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Educandy Game terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3059–3070. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7204

Yulianjani, A., Martono, A., & Tilaar, T. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Flash Pada Sekolah Dasar. 2.

Yunika, R. P., Al Fariqi, M. Z., Cahyadi, I., Yunita, L., & Rahmiati, B. F. (2022). Pengaruh Edukasi PHBS Terhadap Tingkat Pengetahuan pada Yayasan Jage Kestare. Karya Kesehatan Siwalima, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.54639/kks.v1i1.735

Downloads

Published

07-09-2025