PROTOTYPE SMART FARMING BERBASIS IOT UNTUK PENYIRAMAN DAN MONITORING TANAMAN SAYUR SAWI CAISIM DENGAN LOGIKA FUZZY SUGENO
Keywords:
Smart farming, Internet of Things,, , Penyiraman Otomatis,, Fuzzy Sugeno,, Efisiensi Air,, Sawi CaisimAbstract
Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) telah mendorong transformasi signifikan dalam sektor pertanian melalui penerapan sistem smart farming. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe sistem penyiraman dan monitoring tanaman sawi caisim secara otomatis berbasis IoT dengan menggunakan metode logika fuzzy Sugeno. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya efisiensi penggunaan air akibat masih digunakannya sistem penyiraman manual oleh sebagian besar petani, khususnya di Desa Kambata Tana, Kabupaten Sumba Timur. Sistem yang diusulkan akan memanfaatkan mikrokontroler ESP32, sensor kelembapan tanah, dan sensor suhu udara yang terintegrasi dengan aplikasi Blynk, sehingga memungkinkan pemantauan kondisi tanaman secara real-time melalui perangkat smartphone. Penggunaan logika fuzzy Sugeno diharapkan mampu menghasilkan keputusan yang lebih akurat dalam mengatur penyiraman berdasarkan nilai kelembapan dan suhu lingkungan. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan metode Extreme Programming (XP) yang terdiri dari tahapan perencanaan, perancangan, pengkodean, dan pengujian. Diharapkan melalui pengembangan sistem ini, proses penyiraman dapat dilakukan secara tepat guna, efisien, dan sesuai kebutuhan tanaman, sehingga mampu mengurangi pemborosan air dan mendukung pertanian yang lebih modern dan berkelanjutan. Selain itu, sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi petani dalam memantau dan mengelola pertanian secara jarak jauh dengan dukungan teknologi yang sederhana dan mudah dioperasikan.
Downloads
References
Alamsyah, R., Ryansyah, E., Permana, A. Y., & Mufidah, R. (2024). Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Menggunakan Logika Fuzzy Dengan Teknologi Internet of Things Berbasis Esp8266 Dan Aplikasi Blynk. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2), 862–868. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4007
Arieni, F. N., Halimah, D., & Audita, I. (2020). Implementasi Metode Fuzzy Sugeno Pada Penentuan Harga Emas 24 Karat pada Kota Medan. Brahmana?: Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 1(2), 116–120. https://doi.org/10.30645/brahmana.v1i2.27
Inggi, R., & Rizal. (2020). Perancangan Alat Pengontrol Ketinggian Air Dan Penyiraman Tanaman Secara Otomatis Berbasis Arduino Pada Media Tanam Hidroponik. Simkom, 5(2), 28–34. https://doi.org/10.51717/simkom.v5i2.49
Meidia Rianto, A., Khafidhoh, N., Airlangga, P., & Anshori Aris Widya, M. (2024). Smart farming Budidaya Cacing Tanah Berbasis Esp32 Yang Terintegrasi Dengan Website. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 4436–4443. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.9914
Mukhamad Alfian, D., Panji Sasmito, A., & Vendyansyah, N. (2021). Implementasi Logika Fuzzy Pada Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tanaman Berbasis Arduino. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 94–101. https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3309
Octavianti, N. S., Rizky, M., Sulistiono, W. A., & Kusumantara, M. (2024). Design of Wheat Field Humidity Tracking Tools and Plantation Water Height Measuring, Based on Sensor. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas (SIBC), 17(1), 21–29.
Palaha, F., Ermawati, E., Machdalena, M., & Arya, E. H. (2021). Analisa Traffic Data Esp8266 Pada Kontrol Dan Monitoring Daya Lisrik Menggunakan Aplikasi Blynk Berbasis Arduino Nano. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 4(6), 480–489. https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i6.3646
Pringsewu, U. A., Anyeler, D. E., Gunawan, M. F., & Rahmadani, A. (n.d.). Volume 6 Issue 2 Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering SWINDU ( Smart farming dengan Wind Turbine ) = Rancang Bangun Wind Turbine Sederhana berbasis ESP32 untuk Smart farming Deteksi Kelembapan Tanah pada Sayuran Pokcoy Aisyah Journal o. 6(2), 213–218.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aditya saputra, Rambu Yetti Kalaway, Reynaldy Thimotius Abineno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.