PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG PADA SEKOLAH SMP KATOLIK PADADITA BERBASIS WEBSITE

  • Feni Mora Emu Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia
  • Rambu Yetti Kalaway Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia

Abstract

Teknologi informasi merupakan alat untuk mempermudah, mempercepat, dan merapikan pekerjaan. Di SMP Katolik Padadita diperoleh hasil survei awal yang dilakukan bahwa dalam masalah pengadaan barang kebutuhan sekolah sampai ke pencatatan inventaris barang yang dibeli adalah sulitnya melacak posisi penyimpanan barang yang dibutuhkan di dalam gudang, buku pencatatan belanja masih sering tercecer semuanya masih dilakukan tulis tangan dengan mencatatkan transaksi pada buku jurnal masuk barang oleh petugas bendahara barang. Di sisi lain, pencatatan laporan inventaris barang tidak dapat mengakomodir data-data barang. Catatan-catatan transaksi seperti buku catatan belanja, peminjaman, pengembalian inventaris barang ,pemasukan, penyimpanan dan pencarian data barang masih kurang optimal karena tidak adanya sistem terpusat yang dapat mengkategorikan catatan-catatan tersebut sebagai bukti transaksi. Oleh karena itu, pengelolaan inventaris barang harus dilakukan dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan atau kehilangan data barang yang dimiliki oleh sekolah. Selain itu, penting juga untuk melakukan pemantauan secara berkala terhadap kondisi barang inventaris sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu suatu aplikasi inventaris barang pada SMP Katolik Padadita Berbasis Website untuk membantu pengurus bendahara dalam pengelolaan data barang dan pembuatan laporan dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), metode ini dianggap metode perangkat lunak yang mengutamakan waktu sehingga pengerjaannya dapat dilakukan dengan waktu yang relative lebih cepat. Hasil dari pengujian sistem ini menyimpulkan bahwa dengan membuat sistem informasi inventaris barang ini membantu pihak-pihak sekolah yang terlibat dalam pengolaan barang untuk memudahkan dalam meninventaris barang di sekolah tersebut.

References

N. Oktaviani, I. M. Widiarta, P. S. Informatika, F. Teknik, and U. T. Sumbawa, “SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG BERBASIS WEB PADA SMP NEGERI 1 BUER,” vol. 1, no. 2, pp. 160–168, 2019.
Saripudin, A. (2010). Sistem Informasi inventaris pengadaan barang berbasis Interanet: studi kasus di fakultas dirasah islamiyah.
Wonggo, N. R. L. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Hotel Alden Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Warisman, W. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BARANG BERBASIS WEB PADA SDIT NURUL QOLBI BEKASI DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD). Jurnal Teknosain, 18(2), 1-9.
Sulistyorini, P. (2009). Pemodelan visual dengan menggunakan uml dan rational rose. Dinamik, 14(1).
Setyaningtiyas, B. (2013). Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web Pada Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas AMIKOM Yogyakarta).
Huda, N., & Rahayu, A. (2022). Implementasi Sistem Informasi Inventaris Barang pada PT. PLN (Persero) Palembang. Implementasi Sistem Informasi Inventaris Barang pada PT. PLN (Persero) Palembang.
R. Aryanti, E. Fitriani, D. Ardiansyah, and A. Saepudin, “Penerapan Metode Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” vol. 23, no. 2, 2021.
I. Suwandi, Z. Rachmat, and S. Wahyuddin, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG DI SMP NEGERI 1 TANASITOLO KABUPATEN WAJO,” vol. 1, no. 1, pp. 8–16, 2023.W. Novrian and Y. G. Nengsih, “Pengembangan Aplikasi Inventaris Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development,” vol. 3, no. 4, pp. 425–430, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1819
Published
2023-08-22
How to Cite
EMU, Feni Mora; KALAWAY, Rambu Yetti. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG PADA SEKOLAH SMP KATOLIK PADADITA BERBASIS WEBSITE. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 317-325, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/523>. Date accessed: 13 apr. 2024.
Section
Articles