KONSENTRASI ASAP CAIR SEKAM PADI YANG BERBEDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIFAT FISIKO KIMIAWI DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM BROILER

  • Dewi Lawa Jati Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yessy Tamu Ina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asap cair sekam padi terhadap sifat fisiko kimiawi dan organoleptik daging ayam broiler. Penelitian telah dilaksanakan di Laboratarium Terpadu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Materi penelitian yang di gunakan adalah daging ayam broiler segar yang diambil pada bagian paha dan dada sebanyak 5kg. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan yaitu : P1= konsentrasi pengasapan 2%; P2= konsentrasi pengasapan 4%; P3= konsentrasi pengasapan 6%; P4= konsentrasi pengasapan 8%, sehingga terdapat 20 unit sampel. Variabel pengamatan adalah kadar air, pH, organoleptik (warna, rasa, tekstur dan kesukaan), dan total Polisiklik Aromatik Hidrokarbon (PAH). Data yang diperoleh kemudian analisi ragam dengan taraf 5%, hasil berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BTN), Data organoleptik diolah statistik dengan metode Non parametrik Kruskall Wallis. Hasil analisis ragam menunjukan, bahwa pemanfaatan asap cair sekam padi dengan konsentrasi yang tinggi (8%) berpengaruh dalam menurunkan kadar air, Ph dan  meningkatkan penerimaan panelis terhadap organoleptik (warna,rasa,tekstur, dan kesukaan).

References

Afrianti, M., Dwiloka, B., & Setiani, B. E. (2013). Total bakteri, ph, dan kadar air daging ayam broiler setelah direndam dengan ekstrak daun senduduk (Melastoma malabathricum L.) selama masa simpan. Jurnal Pangan dan gizi, 4(1).
Frida, E., Darnianti, D., & Noviyunida, N. (2018). Pembuatan Asap Cair Dari Limbah Tongkol Jagung Dengan Metode Pirolisis Yang Digunakan Sebagai Pengawet Pada Ikan. JUITECH: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Quality, 2(1).
Ghazali, R. R., & Swastawati, F. (2014). Analisa tingkat keamanan ikan manyung (Arius thalassinus) asap yang diolah dengan metode pengasapan berbeda. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 3(4), 31-38.
Handayani, T., Xyzquolyna, D., & Eke, S. (2018). Karakteristik Asap Cair Tongkol Jagung dengan Pemurnian Menggunakan Arang Aktif. Jambura Journal of Educational Chemistry, 13(2), 121-126.
Hasanah, R., & Suyatna, I. (2015). Karakteristik mutu produk ikan baung (Mystus nemurus) asap industri rumah tangga dari tiga Kecamatan Kutai barat, Kutai Kartanegara. Jurnal Akuatika Vol. VI No, 170, 176.
Ina, Y. T. (2022). Efektivitas Asap Cair Tongkol Jagung Terhadap Karakteristik Fisik Dan Organoleptik Dendeng Ayam. Pasundan Food Technology Journal (PFTJ), 9(2), 46-52.
Ina, Y. T., Mehang, K. D., Sawula, A. Y. B., Hamalinda, A. J., & Meharangga, A. M. (2021). Pemanfaatan kayu kesambi (SchleicheraOleosa. Merr) sebagai bahan pengasap dan pengaruhnya terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik dendeng sapi. Jurnal Pertanian, 12(1), 24-30.
Istiqomah, I., & Kusumawati, D. E. (2020). Potensi Asap Cair dari Sekam untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Produksi Padi (Oryza sativa L.). Buana Sains, 19(2), 23-30.
Jahidin, J. P. (2015). Pengaruh pengasapan sekam padi terhadap kualitas fisik dan kimia dendeng batokok. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 18(2), 89-97.
Jahidin, J. P. (2016). Kualitas fisik daging asap dari daging yang berbeda pada pengasapan tradisional. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 19(1), 27-34.
Jannah, A. M., Legowo, A. M., Pramono, Y. B., & Al-baarri, A. N. Total bakteri asam laktat , pH , keasaman , citarasa dan kesukaan yogurt drink dengan penambahan ekstrak buah belimbing. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 2014; 3(2): 7-11
Leki, A., & Mardyaningsih, M. (2017). Analisis Tekno-Ekonomi dan Efisiensi Usaha Se’i Tuna Asap Cair Daun Kesambi. Jurnal Flywheel, 8(2), 1-7.
Mahemba, M. L., Sipahelut, G. M., & Mercurina, G. E. (2014). Kandungan air, kandungan protein dan sifat organoleptik dendeng ayam kampung jantan tua yang diberi berbagai jenis gula. Jurnal Nukleus Peternakan, 1(2), 135-142.
Rukmini, R., Mardewi, M., & Rejeki, R. (2019). Kualitas kimia daging ayam broiler umur 5 minggu yang dipelihara pada kepadatan kandang yang berbeda. WICAKSANA: Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 3(1), 31-37.
Taufik, L. O. A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Asap Cair dan Lama Perendaman Terhadap Karakteristik Organoleptik, Kimia dan Mikroba Bandeng.[Skripsi]. Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian
Published
2023-08-18
How to Cite
JATI, Dewi Lawa; INA, Yessy Tamu. KONSENTRASI ASAP CAIR SEKAM PADI YANG BERBEDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIFAT FISIKO KIMIAWI DAN ORGANOLEPTIK DAGING AYAM BROILER. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 228-239, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/524>. Date accessed: 13 apr. 2024.
Section
Articles