PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENDAFTARAN SISWA BARU DENGAN METODE PROFILE MATCHING DI SMK NEGERI 2 WAINGAPU

  • Ariyanto Yewa Ndamayelu Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,
  • Fajar Hariadi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,
  • Alfrian Carmen Talakua Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,

Abstract

SMK Negeri 2 Waingapu adalah salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berada di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, dengan jumlah siswa/i 789 orang. Pada SMK Negeri 2 Waingapu, memiliki 5 jurusan, di antaranya, jurusan TKJ, TKR, MM, KJIJ, KGSP. Jumlah siswa dan siswi yang ditetapkan dalam setiap jurusan adalah jurusan TKJ berjumlah 72 orang, TKR berjumlah 72 orang, MM berjumlah 36, KGSP berjumlah 36 siswa. Di SMK Negeri 2 Waingapu pendaftaran masih menggunakan formulir dan hanya bisa didapatkan dengan datang langsung ke sekolah. Setelah pendaftar mengambil formulir dan mengisi formulir tersebut untuk dikembalikan ke sekolah. Kemudian dari data yang ada di formulir, akan direkap kembali ke Microsoft Excel sebagai rekapan database, serta calon siswa yang dinyatakan lolos masuk ke dalam jurusan yang diambil adalah siswa yang dahulu mendaftar atau mengambil nomor antrean sesuai jurusan. Hal ini sangat riskan apabila calon  siswa yang mau mengambil jurusan yang disukai tidak mendapat nomor antrean atau formulir pendaftaran, serta sistem pendaftaran di SMK Negeri 2 Waingapu tidak menggunakan sistem zonasi seperti yang dilakukan sekola – sekolah lain. Sehingga perlu adanya suatu sistem pendukung keputusan  untuk membantu dalam pengambilan jurusan yang diminati oleh calon siswa baru dan dapat mempercepat proses pendaftaran siswa baru di SMK Negeri 2 Waingapu.


Kata kunci: MySQL 1, Sistem Pendukung Keputusan 2, Waterfall 3.


 

References

APRIYANI, D. D. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Profile Matching. Faktor Exacta, 14(1), 44. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v14i1.9057
Joni, P. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : SMA Negeri 01 Kalirejo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Julianto, S., & Setiawan, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan, 3(2), 11–25. https://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/56/48
Reni Maharani & Mustar Aman. (2017). untuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari pada sekolah tersebut. Dengan adanya aplikasi berbasis. 5(2).
San Pratama, F., & Yustanti, W. (n.d.). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode SAW 143 Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Saw (Studi Kasus: Smk Ipiems Surabaya).
Umar, F., & Widarti, D. W. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Metode Fuzzy Database Model Tahani Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 6(2), 121–132.
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.
Published
2023-08-22
How to Cite
NDAMAYELU, Ariyanto Yewa; HARIADI, Fajar; TALAKUA, Alfrian Carmen. PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENDAFTARAN SISWA BARU DENGAN METODE PROFILE MATCHING DI SMK NEGERI 2 WAINGAPU. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 308-316, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/531>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles