PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT VARIETAS BARETO F1 CAP PANAH MERAH TERHADAP PERLAKUAN JENIS MULSA YANG BERBEDA

  • Kawawu Mehang Tana l Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Marten Umbu Nganji Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Suryani Kurniawi Kahi Leba Kapoe Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Tanaman tomat merupakan jenis tanaman sayuran, tanaman hias dan buah-buahan. Jenis tanaman holtikultura buah-buahan yang sering dibudidayakan oleh petani adalah tanaman tomat. Dalam pertumbuhannya tidak didukung dengan lingkungan yang sesuai maka produksi tomat akan menurun. perlu adanya modifikasi lingkungan dan penerapan teknologi konservasi untuk menjaga lingkungan atau lahan tetap berada pada kondisi normal. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah mulsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis mulsa yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat mata panah merah Bareto F1. Penelitian ini menggunakan metode uji lapangan dengan rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan sehingga menghasilkan 16 bedengan. Pekki berisi 5 Sampel Pengamatan untuk menghasilkan 80 Tanaman dengan Pengolahan; M0=Tidak ada dana; M1 = atap plastik hitam-perak; M2 = mulsa jerami padi; M3 = mulsa serbuk gergaji. Data yang diamati menggunakan analisis (Annova) dianalisis dengan analisis varians pada taraf signifikansi 5% (BNJ). Menggunakan Bantuan Excel. Hasil kajian perlakuan jerami mempengaruhi tinggi tanaman dan jumlah tanaman buah dengan nilai 120 cm dan 4,35. Perlakuan penutup plastik mempengaruhi batang daun. Dilihat dari hasil bobot buah, perlakuan tanpa mulsa memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan perlakuan dengan mulsa. 

References

Alvionita, L. (2022). Respon Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) Terhadap Pemberian Berbagai Jenis Mulsa Dan Pupuk NPK 16:16:16.
Fadel, Yusuf, R., & Syakur, A. (2017). Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) Pada Berbagai Jenis Mulsa. Jurnal Agrotech, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.31970/agrotech.v9i1.26
Harsono, P. (2012). Mulsa Organik: Pengaruhnya terhadap Lingkungan Mikro, Sifat Kimia Tanah dan Keragaan Cabai Merah di Tanah Vertisol Sukoharjo pada Musim Kemarau The Effects of Organic Mulches on Microclimate, Chemical Soil Properties and Performance of Red Chilli in Verti. J. Hort. Indonesia, 3(1), 35–41.
Heryani, N., Kartiwa, B., Sugiarto, Y., & Handayani, T. (2013). Pemberian Mulsa Dalam Budidaya Cabai Rawit di Lahan Kering: Dampaknya Terhadap Hasil Tanaman dan Aliran Permukaan. … (Indonesian Journal of …, 41(2), 147–153. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalagronomi/article/view/7520
Nooraini, G. R. Z. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). Arhiv Za Higijenu Rada i Toksikologiju, 60(4), 982–992.
Novriani, Danial, E., & Ariyadi, R. (2018). Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Mulsa Organik Untuk Mendukung Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Bawang Daun (Allium fistulosum L.). Klorofil, 13(2), 78–82.
Putro, R. D. (2021). Pengaruh Macam Mulsa Dan Pupuk Organik Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tomat (Lycopersicum esculentum Mill). 1–23.
Rahmawati. (2020). Pengaruh Berbagai Jenis Mulsa Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum. Mill). 2(1), 62–66.
Suryani, Y. R., Sudarma, A. D., & Sumarsono. (2020). Growth and production of tomatoes (Lycopersicum esculentum) as affected by various types of organic fertilizer and rice husk mulch dosage. NICHE Journal of Tropical Biology, 3(1), 18–25.
Published
2023-08-12
How to Cite
TANA L, Kawawu Mehang; NGANJI, Marten Umbu; KAPOE, Suryani Kurniawi Kahi Leba. PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT VARIETAS BARETO F1 CAP PANAH MERAH TERHADAP PERLAKUAN JENIS MULSA YANG BERBEDA. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 113-121, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/539>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles