GAME EDUKASI MOBILE PENGENALAN TARIAN SUMBA TIMUR KEPADA ANAK-ANAK SD

  • Norsi Dihi Mburu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba,

Abstract

Teknologi pada bidang pendidikan mampu melahirkan bermacam-macam media pembelajaran yang menerapkan teknologi, seperti pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi melalui media elektronik berbasis multimedia yang dapat digunakan untuk membantu dan menumbuhkan minat belajar secara mandiri dan mampu mengembangkan kreativitas anak didik dalam pemahaman. Faktor utamanya ialah teknologi yang berkembang sangat cepat seiring berjalannya waktu. Dimana anak zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menggunakan smartphone untuk sekedar bermain games dibandingkan belajar kebudayaan tari tradisional yang makin lama makin terlupakan. SDN Waingapu 4 adalah salah satu sekolah yang berada di kabupaten sumba timur tepatnya di kelurahan kambajawa, yang memiliki jumlah siswa 512 orang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru SDN Waingapau 4 Pengenalan Tarian berbasis Android masih terbatas menggunakan media sosial yang memiliki beberapa kendala di antaranya tidak semua siswa mudah untuk merapkan seni tari dengan menggunakan alat peraga yang belum lengkap dan anak cenderung bosan serta tidak tertarik dengan alat peraga yang diajarkan disekolah.

References

Baihaiki, M., & Indonesia, B. (2021). Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH) Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia e-ISSN 2774-5155 Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS p-ISSN 2774-5147 Harapan Jaya Jakarta Barat Muhamad Baihaiki. 1(7), 607–614.
Budiman, T., Osmond, A. B., & Saputra, R. E. (2019). Aplikasi Game Edukasi Pada Android Menggunakan Qr Code. EProceedings of Engineering, 6(1).
Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. 12(1).
Rahmah, K., Septiani, E., Yasin, F., Irsyadi, A., Informatika, T., Surakarta, U. M., Sanggrahan, D., Trayu, D., & Banyudono, K. (2020). Game Edukasi Tari Tradisional Indonesia Untuk Siswa Indonesian Traditional Dance Introduction Education Game For. 1(1).
Sains, J. T., Arin, F. F. S., Dwanoko, Y. S., Barat, S., & Tengah, S. (2021). ANDROID. 3(1), 64–74.
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126.
Mustaqbal, M. S., Firda, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). I(3), 31–36.
Rohmawati, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907
Teknik, F., & Pgri, U. I. (2019). Aplikasi Game Edukasi Tarian Daerah Dan Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan Snmptn). I(3), 31–36.
Rohmawati, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907
Rumah Adat Daerah Berbasis Android. 02(01), 24–29.
Published
2023-08-18
How to Cite
MBURU, Norsi Dihi; TALAKUA, Alfrian Carmen. GAME EDUKASI MOBILE PENGENALAN TARIAN SUMBA TIMUR KEPADA ANAK-ANAK SD. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 183-195, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/542>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles