ANALISIS PEMASARAN BIJI JAMBU METE DI KECAMATAN NGADU NGALA KABUPATEN SUMBA TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

  • Bodung Umbu Ngaru Program Studi Agribisnis Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elsa Christin Saragih Program Studi Agribisnis Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Penelitian dilakukan di Kecamatan Ngadu Ngala, Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran jambu mete di Kecamatan Ngadu Ngala. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam waktu dua bulan, dari Januari 2024 sampai dengan Pebruari 2023. Responden pada penelitian ini berjumlah 91 orang, yang merupakan petani jambu mete di Kecamatan Ngadu Ngala. Untuk mengetahui pola saluran pemasaran dan perantara lembaga pemasaran pada saluran pemasaran jambu mete di Kecamatan Ngadu Ngala, digunakan analisis deskriptif. Hasil dari analisis dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat dua saluran pemasaran jambu mete di Kecamatan Ngadu Ngala. Pada Saluran Pemasaran I, petani memasarkan biji jambu mete kepada pedagang besar, kemudian pedagang besar mendistribusikan biji jambu mete tersebut kepada perusahaan-perusahaan pengolahan makanan di luar Pulau Sumba. Pada Saluran Pemasaran II, petani memasarkan biji jambu mete kepada pedagang pengumpul, kemudian pedagang pengumpul memasarkan biji jambu mete kepada pedagang besar di Kota Waingapu. Pedagang besar kemudian mendistribusikan biji jambu mete tersebut kepada perusahaan-perusahaan pengolahan makanan di luar Pulau Sumba. Margin pemasaran pada saluran pemasaran 1 adalah sebesar Rp 13.000/kg, dan margin saluran pemasaran 2 adalah Rp 18.000/Kg. Hasil analisis efisiesni pemasaran pada penelitian ini menjelaskan bahwa kedua saluran pemasaran jambu mete yang berada di lokasi penelitian berada pada kategori kurang efisien, dimana Saluran Pemasaran I memiliki nilai efisiensi 43,33 %. Dan Saluran Pemasaran II memiliki nilai efisiensi 60 %.

References

Annisa, I. F. (2021). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Petani Tebu Di Kenagarian Bukik Batabuah Agam. Jurnal Sains Agribisnis, 1(2), 56–74. https://doi.org/10.55678/JSA.V1I2.558

Anton, A. (2009). Pembangunan Pertanian di Indonesia. Kementrian Pertanian Departemen Pertanian, 53(9).

BP3K Kecamatan Ngadu Ngala. (2020). Data Kelompok Tani Kecamatan Ngadu Ngala Tahun 2020.

BPS Sumba Timur. (2018). Kabupaten Sumba Timur Dalam Angka 2018.

BPS Sumba Timur. (2019). Kabupaten Sumba Timur Dalam Angka 2019.

BPS Sumba Timur. (2021). Sumba Timur Dalam Angka 2021. https://sumbatimurkab.bps.go.id/publication/2021/02/26/f17fce45ab782ea4a5d951c7/kabupaten-sumba-timur-dalam-angka-2021.html

BPS Sumba Timur. (2022). Kecamatan Ngadu Ngala Dalam Angka 2022.

Daras, U. (2007). Strategi daan inovasi teknologi peningkatan produktivitas jambu mete di Nusa Tenggara. Jurnal Litbang Pertanian, 26(1).

Margawati, E., Lestari, E., & Sugihardjo, S. (2020). Motivasi Petani dalam Budidaya Tanaman Jagung Manis di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 1(2), 174–184. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v1i2.2743

Nugroho, D. (2021). Analisis Efisiensi Usaha Tani Padi dan Efisiensi Pemasaran Padi/Beras di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. In Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang.

Nurdiyah, N., Fariyanti, A., & Jahroh, S. (2016). Analisis Pemasaran Jambu Mete Di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Informatika Pertanian, 23(1). https://doi.org/10.21082/ip.v23n1.2014.p85-94

Nurfadila, N., Prihantini, C. I., Erni, E., Samaria, S., & Erwin, E. (2021). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Jambu Mete di Desa Rakadua, Kecamatan Poleang Barat, Bombana. AGRIMOR, 6(3), 121–126. https://doi.org/10.32938/ag.v6i3.1406

Pangestu, M. F., Suryaputra, R., & Herbert, G. G. (2015). Analisis Pengaruh Product Image , Word Of Mouth , Kualaitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal Di Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, 4(2).

Pudjiastuti, A. Q., Sriyutun Saghu, Y., & Sumarno, S. (2021). Faktor Internal dan Eksternal Penentu Kesejahteraan Petani Jambu Mete di Desa Mata Kapore Kabupaten Sumba Barat Daya. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 17(3). https://doi.org/10.20956/jsep.v17i3.14533

Ramdhani, H., Nulhaqim, S. A., & Fedryansyah, M. (2015). Peningkatan Kesejahteraan Petani Dengan Penguatan Kelompok Tani. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13593

Soekartawi. (2011). Analisis Usahatani. Jakarta : UI-Press.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitaf Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Populasi, Sampel, Pengujian Normalitas Data. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, & Purwanto. (2003). Statistika Deskriptif. Statistika Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern.

Wati, F., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Hubungan Karakteristik Anggota Kelompok Tani dengan Penerapan Teknologi Off Season pada Kegiatan Usahatani Mangga di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(4), 715–727. https://doi.org/10.21776/UB.JEPA.2020.004.04.02

Zakaria, F. (2015). Pola Kemitraan Agribisnis. Gorontalo: Ideas Publishing.
Published
2023-08-18
How to Cite
NGARU, Bodung Umbu; SARAGIH, Elsa Christin. ANALISIS PEMASARAN BIJI JAMBU METE DI KECAMATAN NGADU NGALA KABUPATEN SUMBA TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 219-227, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/557>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles