PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Keywords:
Game Edukasi, Klasifikasi Jenis Tumbuhan, Media Pembelajaran, Multimedia, Multimedia Development Life CycleAbstract
Game edukasi merupakan suatu aplikasi yang dapat dimanfaatkan selain sebagai media hiburan juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan membantu peserta didik mengembangkan kreativitasnya dalam berpikir. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan banyak tenaga pendidik yang belum menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran terutama untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran disekolah terutama mengenai materi klasifikasi tumbuhan. Berdasarkan masalah itu, dibuatlah game edukasi klasifikasi jenis tumbuhan untuk siswa kelas VII di SMP Negeri Satap Padadita. Game edukasi IPA ini berbasis Android yang dibangun menggunakan Unity. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Game ini mengajak peserta didik untuk bermain sambil belajar mengenai tumbuhan yang ada di sekitarnya. Game ini akan menghitung skor yang didapat untuk mengetahui kemampuan siswa pada setiap materi yang disajikan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu merancang dan membangun game edukasi klasifikasi jenis tumbuhan yang diharapkan dapat membantu dan menambah pemahaman siswa mengenai klasifikasi jenis tumbuhan di SMP Negeri Satap Padadita.
Game edukasi merupakan suatu aplikasi yang dapat dimanfaatkan selain sebagai media hiburan juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang akan membantu peserta didik mengembangkan kreativitasnya dalam berpikir. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan banyak tenaga pendidik yang belum menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran terutama untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran disekolah terutama mengenai materi klasifikasi tumbuhan. Berdasarkan masalah itu, dibuatlah game edukasi klasifikasi jenis tumbuhan untuk siswa kelas VII di SMP Negeri Satap Padadita. Game edukasi IPA ini berbasis Android yang dibangun menggunakan Unity. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Game ini mengajak peserta didik untuk bermain sambil belajar mengenai tumbuhan yang ada di sekitarnya. Game ini akan menghitung skor yang didapat untuk mengetahui kemampuan siswa pada setiap materi yang disajikan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu merancang dan membangun game edukasi klasifikasi jenis tumbuhan yang diharapkan dapat membantu dan menambah pemahaman siswa mengenai klasifikasi jenis tumbuhan di SMP Negeri Satap Padadita.
Downloads
References
Dilago, Y., Tulenan, V., & Paturusi, S. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada Anak. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 2(1), 1–9.
Febiharsa, D., Sudana, I. M., & Hudallah, N. (2019). UJI FUNGSIONALITAS ( BLACKBOX TESTING ) SISTEM INFORMASI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI ( SILSP ) BATIK DENGAN APPPERFECT WEB TEST DAN UJI PENGGUNA. Jurnal OfInformation Education, 1(2), 117–126.
Herlina, L., & Iskandar, R. B. (2020). Modul 2 Klasifkasi Makhluk Hidup Kelas VII. In I. Permana (Ed.), Ilmu Pengetahuan Alam. Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/ipa-modul-2-klasifikasi-makhluk-hidup/
Kurniawan, M. R., & Risnani, L. Y. (2021). Pengembangan Game Edukasi Digital dan Implementasi pada Pembelajaran Biologi Materi Plantae Siswa SMA Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), 1–16.
Maryana, I. M. S., Candiasa, I. M., & Waluyo, D. (2018). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Deret Bilangan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 19–30. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19890
Nurcholis, R., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Anwar, S. (2021). Game Edukasi Pengenalan Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jepang. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 338–345. https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1091
Pratama, E. B., Hendini, A., & Melda, A. (2020). GAME EDUKASI INTERAKTIF SMART KIDS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 4(2), 132–140.
Purnamasari, A. I., Setiawan, A., & Kaslani. (2020). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Pembelajaran Tari Menggunakan System Usability Scale (SUS). Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(2), 70–75. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v20i2.274
Widyastuti, R., & Pustpita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Informatika Dan Komputer, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084