SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA BUMDES HIDUP BERSAMA DI DESA KOTAK KAWAU BERBASIS WEB

  • Obed Retang Meha Kati Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Dalam dunia usaha peran teknologi informasi dan sistem informasi yang handal tidak lagi diragukan dalam menunjang kemampuan unit usaha untuk memenangkan persaingan usaha. Sistem informasi dibutuhkan untuk mengatur keuangan agar dalam proses pengerjaannya dapat membantu dan mempermudah pekerjaan pegawai Bumdes. Sistem informasi keuangan di Bumdes Hidup Bersama masih dilakukan secara manual, yaitu ketika ada uang masuk dan keluar untuk keperluan desa bagian bendahara yang mengurusi pengelolaan tersebut dengan cara tulis di buku besar. Jika terjadi kesalahan dalam pencatatannya, maka akan kesulitan ketika memberikan laporan keuangan per-bulan kepada pengawas daerah. Cara pencatatan keuangan menggunakan buku besar terlalu memakan banyak waktu dan tenaga. yaitu dengan mencatat uang masuk dan keluar di buku besar. Tujuan di lakukan penelitian ini Membangun suatu sistem informasi keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) ini bertujuan untuk mempermudah pegawai dalam urusan administrasi, serta menggurangi kesalahan dalam pembuatan laporan. Metode yang penelitian yang digunakan adalah metode waterfall dengan uraian rangka sebagai berikut: pengumpulan data, analisis sistem, desain sistem, pembuatan sistem, pengujian sistem, dan pemeliharaan sistem. Hasil penelitian ini adalah website sistem informasi keuangan pada Bumdes Hidup Bersama. Dengan adanya website ini maka akan sangat mempermudah pegawai Bumdes dalam mengelola data keuangan.

References

Anna. (2016). Aplikasi Kamus Bahasa Indonesia - Bugis Berbasis Web Dengan Metode Sequential Search. Jurnal Informatika, 3(September), 246. 258. Retrieved from https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/ite m/2966/809-2467-4-PB.pdf
Fauzi, R. A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi - Berbasis Akuntansi. Yogyakarta:Deeppublish.
Ginanjar, T. (2014). Rahasia Membangun Website Toko Online Berpenghasilan Jutaan Rupiah. Bandung: Iffahmedia.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan – Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: PT. Grasindo
Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deeppublish.
Mahatmyo, A. (2014). Sistem Informasi Akuntansi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Deeppublish.
Yadiati, W. & Mubarok, A. (2017). Kualitas Laporan Keuangan: Kajian Teoretis dan Empiris. Jakarta: Kencana.
Published
2023-08-13
How to Cite
MEHA KATI, Obed Retang; TALAKUA, Alfrian Carmen. SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA BUMDES HIDUP BERSAMA DI DESA KOTAK KAWAU BERBASIS WEB. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 172-182, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/597>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles