PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI PAUD INDAH PERMATA BUNDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK

  • Faldi Eduard Tetelepta Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Trisari Dewi Novyanti Bertha Mira Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan mampu mendorong kemampuan belajar bagi peserta didik. PAUD Indah Permata Bunda merupakan salah satu program PAUD yang bertujuan untuk membantu anak mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya secara optimal melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Materi yang diberikan salah satunya adalah materi jenis-jenis hewan, namun masih kesulitan dan dibatasi dengan sarana prasarana dalam penarikan materi karena sulitnya menggambarkan hewan apa yang sedang dijelaskan dan sulitnya menirukan suara hewan. Pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas guru hanya menggunakan buku, metode lisan, dan belum adanya media lain yang digunakan untuk membantu dalam proses pengajaran. Hal ini juga dapat menyebabkan kesulitan bagi peserta didik dalam memahami informasi dan mengikat materi yang disampaikan, hal demikian juga mempengaruhi nilai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif yang dapat mendukung pendidik dalam proses diarahkannya materi. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah sebuah metode atau proses pengembangan multimedia yang terstruktur dan berurutan. Metode ini digunakan untuk mengembangkan multimedia dengan tujuan menciptakan produk multimedia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang telah dirancang dan dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar. Hal demikian juga mempengaruhi nilai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif yang dapat mendukung pendidik dalam proses diarahkannya materi. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah sebuah metode atau proses pengembangan multimedia yang terstruktur dan berurutan. Metode ini digunakan untuk mengembangkan multimedia dengan tujuan menciptakan produk multimedia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang telah dirancang dan dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar. Hal demikian juga mempengaruhi nilai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif yang dapat mendukung pendidik dalam proses diarahkannya materi. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah sebuah metode atau proses pengembangan multimedia yang terstruktur dan berurutan. Metode ini digunakan untuk mengembangkan multimedia dengan tujuan menciptakan produk multimedia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang telah dirancang dan dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah sebuah metode atau proses pengembangan multimedia yang terstruktur dan berurutan. Metode ini digunakan untuk mengembangkan multimedia dengan tujuan menciptakan produk multimedia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang telah dirancang dan dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) adalah sebuah metode atau proses pengembangan multimedia yang terstruktur dan berurutan. Metode ini digunakan untuk mengembangkan multimedia dengan tujuan menciptakan produk multimedia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang telah dirancang dan dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pengalaman dan hasil belajar.

References

Aulia Putri, Herawati Susi, & Asmendri. (2020). Pengembangan Media Flowchart (Bagan Arus) Berbasis Microsoft Visio Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ketentuan Zakat Kelas VIII Di MTsN 6 Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Hakim, T. (2008). Belajar secara Efektif. 22. https://books.google.co.id/books?id=-cMn5UtUwjAC&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA31&dq=motivasi+belajar+siswa&hl=id&redir_esc=y#v=onepage&q=motivasi belajar siswa&f=false
Indra Borman, R., & Idayanti, E. (2018). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (VAK). Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 03, 8–16.
Marjuni, A., & Hamzah Harun. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. IDAARAH, 3(2).
Nur Cholifah, W., & Melati Sagita, S. (2018). Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap. Dalam Jurnal String (Vol. 3, Nomor 2).
Pujiono Eko. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 3(1), 1–17.
Yanto Tri Putra, D. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Zulfa Shoumi, A. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Dalam Seminar Nasional Cendekiawan ke (Vol. 5).
Published
2023-08-09
How to Cite
TETELEPTA, Faldi Eduard; TALAKUA, Alfrian Carmen; MIRA, Trisari Dewi Novyanti Bertha. PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI PAUD INDAH PERMATA BUNDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-41, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/598>. Date accessed: 13 apr. 2024.
Section
Articles