PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK RUMPUT LAUT( Sargassum polycystum) TERHADAP VIABILITAS BENIH SORGUM

  • Lusia Danga Lewu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Rosana Rambu Uru Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Lika Ambu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Italia Danga Hinda Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Nofri Naha Welik Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Nelson Alexander Raga Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Mersi Mandaha Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Sorgum (Sorghum bicolor L. Moench) merupakan salah satu tanaman serealia yang sedang dikembangkan kembali dan berpotensi sangat tinggi sebagai sumber pangan alternatif. Namun, masalah yang sering dialami dalam budidaya adalah lamanya perkecambahan dari benih sorgum yang digunakan karena disebabkan oleh faktor lingkungan, tempat penyimpanan, dan lamanya penyimpanan benih sorgum. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk merangsang perkecambahan benih adalah melalui perendaman menggunakan ekstrak rumput (sargassum polycystum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan Sargassum polycystumhadap perkecambahan benih  sorgum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan terdiri dari kontrol (hanya Aquades), P1 (konsentrasi 15%), P2 (konsentrasi 30%), P3(konsentrasi 45%) dan P4 (konsentrasi 60%). Semua perlakuan diulang sebanyak 3 kali dan benih direndam selama 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi larutan sargassum polycystum 60% dalam aquades memberikan viabilitas benih terbaik dengan nilai berturut-turut : daya kecambah sebesar 98,45%, keserempakan tumbuh sebesar 98,33%, serta indeks vigor mencapai 98,50%.

References

Ambarita, Ricky, MS Ir. Alida Lubis, dan MP Ir. Hardy Guchi. 2014. “Penggunaan Rumput Laut (Sargassum polycystum) Sebagai Bahan Pupuk Cair dan Pengaruhnya Terhadap Kandungan N,P,K,Ca,Mg Tanah Ultisol Dan Produksi Sawi (Brassica juncea L. ) Organik.” 2(150): 59–61.
Anggraini, Iska Hartina, Muhammad Kamal, Eko Pramono, dan Kukuh Setiawan. 2020. “Pengaruh Lama Simpan Pada Vigor Benih Dan Kecambah Sorgum (Sorghum bicolor [L.] Moench) Genotipe Kawali Dan P/F-10-90A.” Jurnal Agrotek Tropika 8(2): 327.
Bajang, Marsel Efraim, A. Rumambi, W. B. Kaunang, dan D. Rustandi. 2015. “Pengaruh Media Tumbuh dan Lama Perendaman Terhadap Perkecambahan Sorgum Varietas Numbu.” Zootec 35(2): 302.
Hermawan, Jujun, Kuswarini Sulandjari, dan Elia Azizah. 2021. “Pengaruh Perendaman Bahan Organik Air Kelapa dan Air Cucian Beras Terhadap Viabilitas dan Vigor Benih Timun Apel (Cucumis sp.) dalam Periode Simpan yang Berbeda.” 17(1): 1–25.
Khaira, Annisa et al. 2021. “Pengaruh konsentrasi dan Lama Perendaman Dalam Larutan Giberelin Terhadap Perkecambahan Biji Cabai (Capcisum annum L.).” Prosiding SEMNAS BIO 2(1): 25173.
Mooy, Herlistin, Anne Nuraini, dan Sumadi Sumadi. 2021. “Respons perkecambahan benih jagung manis terhadap konsentrasi dan lama perendaman giberelin pada suhu lingkungan yang berbeda.” Kultivasi 20(1): 53.
Munthe, Leonard Septian, T Irmansyah, dan Chairani Hanum. 2013. “Respon Pertumbuhan dan Produksi Tiga Varietas Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) dengan Perbedaan Sisitem Pengolahan Tanah.” Jurnal Online Agroekoteknologi 1(4): 1–8.
Nona, Marlin Rambu, Yonce Melyanus Killa, dan Lusia Danga Lewu. 2021. “Pengaruh Ekstrak Bahan Lokal Terhadap Viabisatas Benih Kacang Tanah Loka Walakiri (Arachis hypogaea L.).” 9(3).
Putri, Amanda Ayu Karjo. 2020. Skripsi “Pengaruh Perendaman Air Kelapa terhadap Daya Tumbuh Benih Kopi Arabika Varietas usda 762.”
Rozalina. 2021. “Pemanfaatan Sargassum polycistum, dan Ulva lactuca Sebagai Pupuk Organik Dengan Metode Pengomposan.”
Published
2023-08-12
How to Cite
LEWU, Lusia Danga et al. PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK RUMPUT LAUT( Sargassum polycystum) TERHADAP VIABILITAS BENIH SORGUM. Proceeding Sustainable Agricultural Technology Innovation (SATI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 122-127, aug. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/semnas-FST/article/view/616>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles