PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN JEMAAT DI GEREJA KRISTEN SUMBA (GKS) KAMBANIRU BERBASIS WEBSITE
Keywords:
GKS Kambaniru, Sistem Informasi Pengaduan jemaat, Website, Metode Agile, Black Box, System Usability Scale (SUS)Abstract
Berbagai aspek kehidupan telah dipengaruhi oleh penggunaan sistem informasi, termasuk pelayanan keagamaan. GKS Kambaniru, dengan sekitar 3.000 jemaat aktif, telah mengimplementasikan sistem penjadwalan pembacaan kitab suci, tetapi masih memerlukan sistem informasi pengaduan jemaat. Saat ini, pengaduan harus disampaikan langsung dan menunggu rapat untuk ditindaklanjuti, menyebabkan keterlambatan dan kurangnya transparansi karena tidak ada basis data terpusat. Maka, peneliti bertujuan mengembangkan sistem informasi pengaduan jemaat berbasis website, untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pengaduan jemaat. Sistem ini akan memungkinkan pelaporan, penanganan, dan pengawasan pengaduan secara online. Sistem dikembangkan menggunakan Metode Agile, karena fleksibilitasnya dalam mengadaptasi perubahan dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Sistem baru ini terbukti mampu menjawab permasalahan efisiensi dalam pengelolaan pengaduan yang dihadapi oleh Gereja Kristen Sumba (GKS) Kambaniru dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode Black Box untuk pengujian fungsional menunjukan bahwa fitur utama, seperti login, pengajuan, penerimaan, dan pembaruan status pengaduan, berfungsi sesuai harapan. Pengujian dengan System Usability Scale (SUS) memberikan skor rata-rata 82, menandakan sistem ini memiliki kegunaan yang “sangat baik†dan membantu GKS Kambaniru mengelola pengaduan jemaat dengan lebih efisien.
Downloads
References
Insap Santosa, P., & Wing Wahyu Winarno, D. (2019). Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usablity Scale. Pros. Semin. Nas. Sains Dan Tekno, 240–245. http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2885
Kalua, A. L., Mantiri, R., Rumondor, C., & Mogogibung, E. (2024). Sistem Informasi Pendaftaran Beasiswa dan Jadwal Legalisir Berbasis Website Responsif (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Sulawesi Utara). Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science, 2(2), 58–74. https://doi.org/10.58602/itsecs.v2i2.108
Mintarsih, M. (2023). Pengujian Black Box Dengan Teknik Transition Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Pada SMC Foundation. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(1), 33–35. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i1.727
Nugroho, F. E., Taufiq, R., & Alfarizi, M. S. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Sukadamai Kabupaten Tangerang. Jurnal Dinamika Universitas Muhammadiyah Tangerang P, September, 2581–1894. http://repository.umt.ac.id/id/eprint/127.
PUTRA, A. A. A. (2019). Sistem informasi pengaduan masyarakat program keluarga harapan kota pekanbaru (Studi Kasus : Dinas Sosial dan Pwmakaman Kota Pekanbaru). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 6, 117–126. http://repository.uinsuska.ac.id/id/eprint/21890
Rahmat Halim, F., Al-Kiramy, R., Oktoriani, D., Vernia, S., Erlangga, D., Luthfi Hamzah, M., & Sultan Syarif Kasim Riau, N. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengumuman Kelulusan Siswa Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Web-Based Student Graduation Announcement Information System Design Using the Agile Method. Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(2), 67–81. http://journal.almatani.com/index.php/jtisi/article/view/327
Samsudin, A., & Hamdalah Islami, H. (2023). Sistem Pengaduan Masyarakat Menggunakan Metode Agile Extreme Programming. Jurnal Infotex, 2(1), 214–226. https://ojs.stttexmaco.ac.id/index.php/infotex/article/view/29/28
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frensiska Lilo Laga, Novem Berlian Uly, Rambu Yetti Kalaway
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.